Mati Rasa Part 3



Setelah membuat refleksi mengenai perasaan kita di part 2, kita bisa mulai untuk selalu membuat refleksi tersebut secara rutin.

 

Jangan pernah berhenti untuk menuliskan jurnal harian tentang apa yang kita rasakan hari itu, kejadian apa yang berkesan pada hari itu. Bagaimana kita bereaksi.

 

Kita juga bisa mulai mendengarkan cerita orang lain. Bisa melalui mengobrol, menonton film yang sarat akan moral dan emosi. Saat kita mulai mendengarkan orang lain, perasaan kita akan mulai bertumbuh dan berespon. 

 

Hal lain yang bisa kita lakukan dan terutama adalah self care. Berikan waktu khusus untuk merawat mental kita. Bukan hanya memberi waktu untuk mendengarkan musik atau menonton televisi saja, tapi coba luangkan waktu 30 menit untuk duduk terdiam tanpa melakukan atau mendengarkan apapun dan refleksi.

 

* apa yang terjadi saat aku merasaan suatu perasaan?

* apakah aku bisa mengingat detail kejadiannya?

* bagaimana keadaan cuaca saat itu?

* apakah itu hanya satu kejadian atau ada rangkaian kejadian lain?

* apa yang terjadi keesokan harinya?

* kenapa aku memilih perasaan itu?

* apakah itu membuatku ingin lari dari perasaan yang kurasakan?

* kapan terakhir kali aku merasakan hal seperti ini?

 

Pertanyaan-pertanyaan ini akan membuat kita semakin memahami apa yang kita rasakan. Seperti kita bercerita tentang diri kita, tapi kita bercerita kepada diri kita sendiri. 

 

Jika kita ingin bercerita kepada orang lain, pastikan orang tersebut bisa kita percaya untuk kita bagikan tentang perasaan kita dan mendengarkan dengan baik. Jika membutuhkan bantuan profesional, jangan sungkan dan malu. Bersikap jujur mengenai keadaan kita dan mencari mana cara yang paling tepat untuk menjadi lebih baik.


You don’t have to control your thoughts. You just have to stop letting them control you.” — Dan Millma


“Take your time healing, as long as you want. Nobody else knows what you’ve been through. How could they know how long it will take to heal you?” — Abertoli

 

Comments

Postingan terpopuler

Mesin Jahit Portable Mini S2 bermasalah? Perbaiki sendiri yuk

Resign dari PNS

[Review] Laneige Water Bank series ~ Trial Kit