Mesin Jahit Portable Mini S2 bermasalah? Perbaiki sendiri yuk

Setahun lalu saya membeli mesin jahit portable mini tipe S2 seperti ini..

 ga ada merknya, cuma berhubung harganya relatif murah sekitar 200rb an. saya beli online. saya pikir kepake ga kepake sih ini mesin jahit maksudnya biar ga repot kalau ada yg robek2. setidaknya buat jahit2 dasar bisa kan. ga niat bikin baju heboh juga soalnya.
nah pertama dateng barangnya kelengkapannya seperti ini. mesin jahitnya mini banget. gampang dibawa kemana2. ada pedal kakinya. ada adaptornya jadi bisa dipakai dengan listrik atau batere. berhubung dari sananya udah disetting benang dan lain2 jadi saya tinggal pake.. lumayaannn simple banget cara pakenya.. bahkan saya yg amatir aja bisa pakenya.

daannn masalah datang waktu bocah2 tiba2 rusuh, dan tu mesin jahit dibongkar2. benang dikeluarin. settingan diputer2. wasaallamm.. saya coba liat panduan di internet cara pasang benang dan settingan lainnya dan hasilnya adalah mesin jahitnya ga bisa dipake lagi! sebenernya bukan rusak ya... mesin berjalan sebagaimana mestinya tapi benang atas dan benang bawah tidak mau mengikat. yg hasilnya ada kain saya bolong2 tapi tidak ada benang yg mengikat. kalaupun ada cuma dikit dan lompat2.

saya utak atik beberapa hari. dari mulai penasaran sampe bosen sendiri. menyerah. semua tutorial sudah saya coba tidak ada yg berhasil. saya bawa ke tukang jahit mereka tidak familiar dengan mesin jahit portable. putus asa saya taruh di gudang bersama onggokan barang tak terpakai lainnya. sampai kemaren saya menang arisan mesin jahit singer. nah teringat lah dengan ni mesin jahit mini. mulai saya utak atik lagi. sampai akhirnya saya berhasil menemukan settingan yg benernya!! hahaha..
emang musti pegang mesin jahit yg agak bagusan dulu kali ya :p

nah yg punya masalah yg sama tenang aja mesin jahitmu tidak rusak. cuma salah setting. ternyata settingan mesin jahit mini ini beda dengan settingan mesin jahit pada umumnya.. makanya ga bisa2 kalau terapin settingan mesin jahit umum. jadi kita urutin settingannya ya :
1. Settingan awal benang atas masih settingan standar. alurnya seperti di foto dibawah. ini ada di buku panduannya

 untuk settingan tension dikira2 saja agak longgar seperti ini

2. nah mulai ke bawah baru perlu settingan khusus. setting posisi jarum dulu. kalau dilihat ada bagian sisi jarum yg rata. ada yg melengkung. sisi jarum yg rata disebelah kanan karena akan berhubungan dengan mur pengganjalnya. posisi sisi jarum melengkung sebelah kiri. posisi lubang jarum menghadap samping. artinya kalau kita lihat dari depan tidak akan terlihat lubang jarumnya. nah lalu jarum juga harus naik keatas sampe mentok. jarum yg terlalu kebawah akan membuat kain tidak terikat baik.

3. masukkan benang atas dari kiri ke kanan jarum. lalu selipkan dibawah sepatu kanan dan diatas kain seperti ini
4. benang bawah di dalam sekoci. pastikan putaran kumparannya berlawanan arah jarum jam seperti ini. jangan terbalik.
5. tutup sekoci. tarik benang bawah keluar. lalu posisikan ke arah kiri dibawah kain seperti ini.
5. setelah itu angkat bagian belakang sepatu ke arah atas
6. silahkan mulai menjahit..hasillnya


saya ga tau kenapa settingannya seperti ini. tapi salah satu settingan tidak diikuti satuuu aja bisa ga ngejait tu mesin. hahaha.. pernah saya coba settingan sudah benar tapi sepatu tidak saya naikkan.. dan hasilnya tetep ga bisa menjahit. atau misal benangnya tidak saya taruh dibawah sepatu, sama ga bisa jahit juga.. aneh ya... jadi tiap mau mulai menjahit pastikan settingannya persis seperti ini. yg penting posisi benang atas, benang bawah dan naikkan sepatu belakang. itu aja sih..


selamat mencoba yaaa.. jangan buru2 dijual mesinnya heheehe... saya perlu setahun baru bisa dapet settingan yg pas kayak gini hahahaa...



Comments

  1. wah sama persis nih ceritanya mbak.. sy beli online 3bulan yg laku buat ibu tp sampe skrg belum dipake.. sy utak atik, cari tutorial, yutub sampe ke tukang jait ttp nihil hasilnya, bolong2 aja fruatasi hehe. moga artikel ini ngebantu, nyoba kali bisa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba.. ak juga sampe kesel sendiri nguliknya dulu ga bisa2. Mudah2an berhasil yaa.. ditunggu kabar baiknya 😄

      Delete
    2. udah saya coba seperti yang mbak bilang kok ga bisa ya mbak

      Delete
    3. Kalo mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077

      Delete
    4. Mbak,saya juga udah coba ni sesuai dengan artikel mbak tapi kok gak bisa juga ya mbak😂

      Delete
    5. Sy koq gak bsa2 y mna,msin ny gak mau ngjait trus😭😭

      Delete
  2. Terima kasih mbak mau membagikan pengalamannya. Masalah yg sama dengan saya, sudah saya bawa ke tempat servis mesin jahit, tapi tukang service tidak bisa ..hiks...sedihnya coz baru 6 dibeli. Saya akan coba mengikuti langkah2 yang mbak berikan semoga berhasil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga lancar ya mbaa.. ditunggu kabar baiknya 😄

      Delete
    2. Kalo mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077

      Delete
  3. Mba saya sudah coba mengikuti petunjuk diatas tapi kok nggak bisa juga ada video tutorialnya nggak? Trima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga ada videonya mba.. dan mesin jahitnya udah sya jual juga hehe.. permasalahannya apa? Sama ga bisa ngait?

      Delete
    2. Ikut bantu bales... Sepengalaman ma saya. Baru sempet utak atik ni mesin sama kaya gtu... Kalo sekoci dah bener. Pastiin jarum'a dipasang ga ktinggian ga kbawahan.. Ngaruh bgd... Dicoba deh...

      Delete
    3. Kalo mas/bpk,mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077

      Delete
  4. Mba klu saya benang skoci yg dibawah ga mau nyangkut ama jarum mba jd ga mau keluar tus yg buat naik turun sepatunya ga bisa diem ditempat mba itu hrs gmn ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau aku kalau ga mau ngait berarti ada yg salah alur di sekoci bawahnya. Perputarannya harus berlawanan arah jarum jam. Benang juga jangan sampai terlalu penuh. Alur benangnya juga harus pas. Kalau sepatu emang naik turun jadi emang kayak kendor..

      Delete
    2. Mbak mau tetep ga bisa nyangkut mbak. Pas d bikin ngejahit malah ga menghasilkan jahitan. Tolong bantuanya ya mbak

      Delete
    3. Kalo mas/bpk,mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077

      Delete
  5. iyaaaa samaa masalah sampai 6 jam utak atik gak bisa2 gara2 sekoci bawahnya itu yg menciptakan kurang canggih

    ReplyDelete
    Replies
    1. jengkel duluan ya ngotak ngatiknya.. gemes antara penasaran tapi males :D

      Delete
    2. Kalo mas/bpk,mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077

      Delete
  6. mba numpang tanya.. klo permasalahn yg putaran sekocix lepas bemana ya mba..?? mw d pasang lagi eh malah ga mau putar mesinx..??
    aduuh.. makasih sebelumx ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sekoci lepas harus betul masukin benangnya dan arah benangnya mba.. benang di sekoci bawah itu harus melewati lempengan bawah besinya itu loh..

      Delete
    2. bener mbk ini sama banget permasalahannya sama saya , yg di mksud itu tempatnya skoci yg lepas , pas uda di pasang lagi lah kok mala mesinnya macet gak bisa muter tu tempat skoci

      Delete
    3. Kalo mas/bpk,mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077

      Delete
  7. mba mau tanya donk, punya saya tadi baru di pake sekitar 10 menit bagus aza, terus saya coba lagi malah jarumnya gak bergerak ketika posisinya ON, itu kenapa ya mba ? terimakasih sebelumnya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau jarum ga bergerak biasanya ada benang nyangkut mba.. maap baru bales ya hehe

      Delete
    2. mbak mau tanya dong, mesin jahit saya sama portable jg kemarin saya coba bisa di pake berapa kali (percobaan menjahit kain) giliran mau saya pake menjahit baju yg robek ggak bisa bisa, gak nyala... nah, itu kenapa??? bagaimana memperbaikinya supaya bisa dipake, mohon bantuannya, trims sebelumnya...

      Delete
    3. Kalo mas/bpk,mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077

      Delete
  8. mbak, mesinku sdh lama belinya. selama ini gak ada mslh, cm kmrn pas njahit tiba2 macet. dan tiba2 aja gak bs ngait benang atas dan bwh. sdh cb tutorial dr mbak, cm gak bs jg... mgkn ada solusi lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. settingannya udah coba diatur ulang semuanya?

      Delete
    2. Mba mau tanya dong.
      Tempat sekoci lepas, gmn cara masang nya lagi?

      Delete
  9. Mbak, ni saya br nyoba dan ngikutin semua saran mbak. mesin jalan benang keluar tp ga benangnya bs ngejahit mbak kaya loss gtu ga mau ngejahit di kainnya haha. Ada pengalaman yg begitu ga teman2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya itu sama banget kayak saya mba.. dicoba step by stepnya diikuti persis udah?

      Delete
    2. Saya jg ni bru beli gbsa nih udh ikutin caranya mbaknya jg

      Delete
    3. Kalo mas/bpk,mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077
      Di WA bsa tnya jwb jg bsa sya ksih tutorial

      Delete
  10. Benang atas sama bawah gk ngait mbaak,, jalaaan trs looooozz

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya itu biasanya salah setting sist.. dicoba diutak atik lagi settingannya :D

      Delete
  11. Mba klw benang bawah kendor itu cara kencengin sekoci bawah nya gmn yaa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. settingan sekocinya udah bener? coba diatur di tension atasnya sist..

      Delete
  12. Mba klw benang bawah kendor itu cara kencengin sekoci bawah nya gmn yaa??

    ReplyDelete
  13. Aku baru beli tadi bru aja nyampe udah di coba sekali bisa terus tiba2 benangnya putus dan skr gabsa d pakee malah bolong2 doang gak kejahit udah ikut tutorian dr mbaknya tp gbsa jg tlg dong gmn 😢😢😢😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau benang putus biasanya tensionnya terlalu kencang sist... coba dilonggarin dikit. atau ada yg salah alur jadi benangnya kesangkut ga bisa ketarik. coba benangnya ditarik pake tangan terlalu kencang ga

      Delete
  14. Kak mau tanya dong kalo mesin pnya saya jahitan bagian bawah nya gak Bagus mbak longgar2.. Apa mungkin karna tempat skoci sering lepas dan saya sering bongkar pasang.... Trimakasi kk

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya sih ga masalah bongkar pasang sekoci. mungkin belom pas pasang benang di sekocinya... kan ada yg harus dikaitin dulu tu di sekocinya dimasukin ke bawah besinya itu loh

      Delete
    2. Nah itu mba..dikaitin gimana ya mba sekoci yang dibawah..kebawah besi yg mana?benang bawah gamau nyangkut nih

      Delete
  15. Punya aku juga gak bisa mengikat benang atas dan bawah, utak atik sampai pengen nangis, padahal masukin benangnya ke jarum harus merem melek karna mata lumayan kurang tajam. Mba..untuk ukuran jarumnya cuma bisa pake no 9 ya mesin jahit portable mininya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah jarumnya ga bisa diganti2 mba.. namanya juga mesin jahit mini hahaa pake alat bantu aja buat masukin benang yg lempengan itu loh saya lupa namanya

      Delete
    2. Iyah mb masukin benang yg dri sekoci ke lempeng ataa gmn caranya, susah..

      Delete
    3. Iyah mb masukin benang yg dri sekoci ke lempeng ataa gmn caranya, susah..

      Delete
    4. Iyah mb masukin benang yg dri sekoci ke lempeng ataa gmn caranya, susah..

      Delete
  16. Mba kenapa ya benang bawahnya ttp gak mau keluar juga sudah di coba berbagai cara tetep tidak mau keluar. Benang sudah di pasang sesuai petunjung cara untuk nyatuin benang bawah juga ud di ikutin tp ttp tidak mau juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau benang bawah ga keluar ada yg slah setting di sekoci. coba diliat lagi alur benangnya mba.. bisa salah misal harusnya dari kiri ke kanan tapi malah jadi kanan ke kiri. atau benang belom masuk dibawah besi sekocinya..

      Delete
    2. Waah..ini masalahnya sama dg punya saya.

      Skoci sy dari plastik (mesin jahit portable merk S2)

      Spulnya gk bisa naik, mungkin karena benang dispul gk naik/gerak saat dipancing benang atas.

      Gimana itu mbak ?

      Delete
    3. Kalo mas/bpk,mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077
      Di WA bsa tnya jwb jg bsa sya ksih tutorial

      Delete
  17. Aq hbs beli mbak tp sepatunya gak gerak blas hrse kn longgar ya.apa gagal produk ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepatu ga gerak gimana sist? ga mau naik turun? atau ga gerak2? sepatu sih emang ga gerak, cuma bisa ditekuk dikit doang

      Delete
  18. Aq hbs beli mbak tp sepatunya gak gerak blas hrse kn longgar ya.apa gagal produk ya

    ReplyDelete
  19. Alhamdulillah pakai tips mb jadi bisa menggunakan mesin jahitku ini. Sejak beli 3 bulan lalu baru bisa dipakai sekarang. Makasih mb :)

    ReplyDelete
  20. Ada secercah harapan stelah baca blog mba :D Saya baru beberapa hari beli di olshop. Ehh jarum patah. Dan aku ganri. Cara nya udah ikutin. Datang masalah. Benang atas putus terus... gimana cara atasin nya ya mbaa...?

    Atur tension yg pas itu gimana yaaa? Puter kanan apa kiri (kencang-longgar) nya...?

    Thanks sebelumnyaaa... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kencang itu berarti ulir2nya ga keliatan mba.. longgar itu ulirnya keliatan semua. dicoba aja ditarik benangnya. kalau keras berarti kencang. diatur biar bisa ditarik tapi jangan sampe terlalu longgar juga. jangan terlalu loss gitu kalau ditarik. atru ditengah2 aja

      Delete
  21. Saya pnya yg merk krisbow mbk. Dksi sahabat saya. Tp ada yg rusak.bisa jln tp nyendat²/ tiba² berhenti saat di tekan on,hbs itu jln lg.
    Trus hsil jhitan bwah brantakan. Yg atas hsil jahitannya bgus sc. Thx.smoga bsa membantu permasalahan sya mbk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah2an lancar ya mba.. kelemahan tipe mesin jahit mini ya gini.. banyak error settingnya hahaa..

      Delete
  22. mb mesin jait miniku lepas kabel untuk nyolok adaptor yg di mesinnya,plastiknya retak jd ga bisa nyolokin adaptor ke mesin, gimana servisnya kemana ya mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. beberapa tempat yg bisa service mesin jahit rata2 ga ngerti tentang mesin jahit mini mba... saya juga dulu sempat nyari tapi kesulitan sekali ga nemu

      Delete
    2. mb, mesin jaitnya udah bener dilem jacknya, tp ada masalah baru benangnya ga menjahit /ga menganyam jd jaitannya dikain kosong mb knp ya huhu...

      Delete
  23. Mbak mau nanya, kalo beli jarum jahit yang pas buat mesin jahit itu yang merk apa dan ukuran berapa ya? Jarum saya dua2nya patah. Waktu itu pernah beli merk butterfly kalo ga salah ukurannya saya samain dengan yang ada di jarum bawaan. Tapi kok kayak kegedean gt jadi gabisa masuk dengan sempurna alhasil jarumnya kek kepanjangan gt. Mohon pencerahannya😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ukuran jarum saya juga kurang paham mba.. mungkin bisa dibwawa aja contohnya trus cari di tempat yg jual jarum jahit

      Delete
    2. Mbaa saya juga sperti ini mba.. mesin jahit nya ga fungsi.. benang nya ga ngait2 k kaen nya.. bngung saran d atas udh d coba tp ttep aja ga bisa.. kenapa ini.. tukang servis mesin d sini ga bisa yg portable.. hrus d gimana.in ini...

      Delete
    3. Kalo mas/bpk,mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077
      Di WA bsa tnya jwb jg bsa sya ksih tutorial

      Delete
  24. Mbakk.. boleh minta kontaknya nggak.. ini mesin jaitnya jg bermasalah... mau minta panduan yg lbh jelasnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa japri saya aja di email teresiarani@gmail.com
      nanti cp saya japri aja ya :)

      Delete
  25. Saya sudah coba sesuai buku petunjuk.juga dari browsing hasilnya tetap bikin kesel..akhirnya cara yg paling baik..aku banting trus ku hancurin nah dengan gini hilang masalahnya.ha.ha

    ReplyDelete
    Replies
    1. masalah baru muncul harus siapin dana buat beli baru hahaha

      Delete
  26. Haaii mbak.. Duh iya niih.. Kuesel dan hampir putus asa krn benang bawah ga mau muncul.

    ReplyDelete
  27. Hai mbak saya baru akan beli mesin ini, menurut mbak ini recommended gak? Saya masih pemula takutnya udah beli alatnya nggak bisa dipake. Minta pendapatnya mbak, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya kalau ada budget mending beli yg mesin jahit beneran mba.. hehe.. soalnya mesin jahit ni cuma bisa untuk bahan kain yg tipis dan terbatas hanya jahit biasa aja. Untuk bahan agak tebal dikit udah ga bisa. Mana cepet rusak 😅

      Delete
  28. mbak mesin jahitku buat angkat dan turunin sepatu lepas...gimana cara benerinnya

    ReplyDelete
  29. Baru aja aq hadapi ni problem..udah putus asa..disimpan deh mesin jaitnya..besok dicoba dulu tips nya mbak
    .thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mas/bpk,mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077
      Di WA bsa tnya jwb jg bsa sya ksih tutorial

      Delete
  30. pedalnya ga bisa dipake.. jadi rempong musti pake tombol on off haha, gimana ya? ada yg punya solusinya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo pedalnya tinggal dibuka bautnya mb.. mngkn per didalamnya mleset g pas.. itu hny nempel on off aja kok..

      Delete
  31. Baru beli, awalnya bagus trus benang bawahnya lepas.. sy coba psang sesuai tutorial benang tdk mau naik.. giliran bisa naik tdk bisa nyatu klau dipakai jahil. Loooz ja.. hiks hiks

    ReplyDelete
  32. saya sudah dapat solusinya,didalam mesin jahit portable itu ada yg perlu distel,buka aja casing mesin jahit tsb,dibawah tempat skoci terdapat 4 buah mur,longgari dulu ke empat mur tersebut,lalu sorong rumahan skoci trsbut kekiri mepetkan ke jarum,kemudian kencangkan kembali ke empat mur tersebut,mesin jahit kembali digunakn,selamat mencoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas yudi ada foto posisi yg tepat untuk menyetel sekoci dgn jarum krn sudah sya stel kok blm bisa jait juga benangnya loss dri kainnya.tq

      Delete
    2. kemungkinan ada yg perlu dipapras sedikit dgn pisau cuter didekat lubang mur bawah kiri,supaya ada selah agar bisa bergeser agak banyak,karna terganjal disitu..untuk gmbar gmna nie cara ngirimnya?

      Delete
    3. Yudi arifianto..blh watapps saya d no ni sya ad mslh dngn mesin jait mini saya

      Delete
    4. Yudi arifianto..blh watapps saya d no ni sya ad mslh dngn mesin jait mini saya

      Delete
    5. Mas, kalau saya masalahnya jarumnya mentok di wadah sekocinya itu, ga kena benang, jadi ga jalan mesin jahitnya, kenapa ya?

      Delete
    6. Mas yudi,saya invite pinnya ya,saya ngalami hal yg sama pas ngejahit gak nyangkut gtu,benang lurus juga yg keluar,trus perbaikan d dlm malah wadah sekoci bawah itu yg ringsek,gmn tu yak?

      Delete
    7. Mas yudi tolong approve bbm saya ya, terimakasih

      Delete
    8. Kalo mas/bpk,mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077
      Di WA bsa tnya jwb jg bsa sya ksih tutorial

      Delete
  33. Mbak... Saya kemaren beli online... Dan barusan datang barangnya...

    Tp kok pedalnya g bisa di fungsikan ya mbk... Dengung gt klu di injak... Tombol on off klu di prncet juga dengung n mesin g bisa kerja... Kira2 knp y mbk.. Mhon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Return saja mbak. kemungkinan rusak itu mesinnya

      Delete
  34. Mba, ada yang pernah mengalami jarum mentok di tempat pemasangan sekoci?
    Duh, anak saya tiba2 rusuh pas lagi ngejahit, alhasil jarumnya mentok... 😢

    ReplyDelete
  35. Maaf ini jarum nya ukuran brpa ya....cz jrum bwaan dh patah smuaaa.........

    ReplyDelete
    Replies
    1. 11 ato 12 bisa. Tp yg mudah masuknya 11.

      Delete
    2. Kalo mas/bpk,mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077
      Di WA bsa tnya jwb jg bsa sya ksih tutorial

      Delete
  36. Bro - sist, ada yg bisa pandu setting gear di dalamnya.
    Saya ada masalah, ketika ini mesin ga mau mutar, saya bongkar, ternyata ada kabelnya yg terlilit gearnya. Terpaksa saya angkat gear atas, bagian yg menggerakkan jarum. Cuma waktu mau balikin, lupa setting-an nya, karena waktu angkat gear gak saya kasih tanda.
    Dah mau kriting rasanya otak. Mohon bantuan. Trima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mas/bpk,mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077
      Di WA bsa tnya jwb jg bsa sya ksih tutorial

      Delete
  37. mba ini punya saya tetep gamau eh. maksudnya sepatu belakang dinaikkan ke atas itu gimana yok? saya ga ngerti hehe. makasih mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepatu itu bisa digerakkan sedikit seperti ditekuk begitu, bagian belakangnya yang dinaikkan

      Delete
    2. Kalo mas/bpk,mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077
      Di WA bsa tnya jwb jg bsa sya ksih tutorial

      Delete
  38. Gmna cara agar banang tidak jauh saat di pakai?/jahitan'a ga rata

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu salah setting tampaknya. dulu pertama juga begitu benang lompat-lompat sebelum akhirnya loss sama sekali gak ngait. Cara diatas dicoba belom berhasil?

      Delete
  39. Gmna cara agar banang tidak jauh saat di pakai?/jahitan'a ga rata

    ReplyDelete
  40. Mba.. q jg mesin ny rusak, awal ny klo jahit benang nya suka gak rapi, macet gk jalan, dan skrg kedua benang tdk sling mengait,, lossss..

    Udh ngkutin cra mba ttep gk jalan.. benang msh los..
    Gmn mba ?

    Oh iy,, arisan mesin jahit mba yg gmn yh ?? Berapaan ? Spa tau mau ikt..

    ReplyDelete
    Replies
    1. arisannya sudah selesai mba.. kayaknya ga buka arisan lagi orangnya. Punya saya singer tapi lupa tipe apa nanti saya coba liat dulu ya tersimpan di bawah dan saya sudah mager hahaha

      Delete
  41. dear teman-teman, terimakasih ya buat semua yang sudah mampir disini, tapi terus terang karena saat ini saya sudah tidak punya mesin jahit ini jadi saya agak kesulitan kalau ditanya tentang settingannya. Kalau saya ingat pasti saya balas, kalau tidak ingat mohon dimaafkan, mungkin kita bisa saling sharing ya, ada beberapa disini juga yang mempunyai kesulitan yang sama dan yang sudah berhasil boleh dibagikan disini juga. Buat yang mau fast respon bisa kirim email saja ya, karena terkadang komen di blog ini sering terlewatkan :)

    ReplyDelete
  42. Mba, cara melepas sekoci yg disamping bagian atas gimana ya? Kok susah sekali soalnya mau ganti benang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mas/bpk,mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077
      Di WA bsa tnya jwb jg bsa sya ksih tutorial

      Delete
  43. Mau tanya nih bunda, kalau misalnya tombol on sudah nyala, tapi mesin jahit mini portabel Ndak mau bergerak, kenapa ya Bun? Atau kalau tidak gerakan jarumnya agak seret atau pelan2 sekali, kira2 penyebabnya kenapa ya Bun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mas/bpk,mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077 Di WA bsa tnya jwb jg bsa sya ksih tutorialFebruary 1, 2018 at 5:38 AM

      Kalo mas/bpk,mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077
      Di WA bsa tnya jwb jg bsa sya ksih tutorial

      Delete
  44. Kalo mesin jahit yg bisa 12 pola benang atas bwah gak mau ngait itu kira2 krna apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mas/bpk,mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077 Di WA bsa tnya jwb jg bsa sya ksih tutorialFebruary 1, 2018 at 5:39 AM

      Kalo mas/bpk,mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077
      Di WA bsa tnya jwb jg bsa sya ksih tutorial

      Delete
  45. Mbak aku kok gk bsa2..benang bwahnya ttp gk bsa nyangkut sma benang atasnya.. Gk bsa mnghslkn jhtan

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat yang frustasi tidak bisa nyatu benangnya bisa coba ini
      https://ruyong888.blogspot.com/2017/03/memperbaiki-mesin-jahit-mini-yang-tidak.html

      Delete
    2. Kalo mas/bpk,mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077
      Di WA bsa tnya jwb jg bsa sya ksih tutorial

      Delete
  46. buat yang frustasi tidak bisa nyatu benangnya bisa coba ini
    https://ruyong888.blogspot.com/2017/03/memperbaiki-mesin-jahit-mini-yang-tidak.html

    ReplyDelete
  47. Mba klo saya benang atasnya itu tiba2 putus dan lepas sendiri saat menjahit, itu kira2 kenapa ya? Jd yg mengikat hanya benang bawahnya saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tarik dulu benang atas sebelum menjahit. Cek juga tension spring mungkin terlalu kencang

      Delete
    2. Klo ukuran jarum berpengaruh ga pada jahitan

      Delete
  48. Memang mesin jahit mini ini mudah rusak, not recomended deh pokoknya, bagian" dari mesin yg ada di dalamnya hanya terbuat dari plastik, dan tidak kencang, jd mudah aus. Geser sedikit aja gk bakalan bisa ngait deh itu benang. Solusinya bongkar mesin, trus di lem super di bagian" pengancing gir mekaniknya, jangan lupa sebelum di lem, di stel dlu sistem kerja yg pas, lalu tutup lagi mesinnya. Jangan di pake buat ngejait bahan yg tebal".. . hanya untuk bahan yg halus. Jangan dipaksa kerja berat, mesin ini mudah ngambek, hehee.. . dan jika tetap dipaksakan, wassalam deh itu mesin. Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  49. Hi mba ranee salam kenal..Aduh mba.. mesin jahitku juga sama nih ga mau ngait benangnya.. mana pas mau bikin sarung bantal anak ... Aku udah ikutin langkah2 yg mba kasih n hasilnya ttp ga bisa ya mba.. sampe sakit kepala dan mata hahaha...
    dikerjain banget ini kayanya sama mesin jahit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mas/bpk,mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077
      Di WA bsa tnya jwb jg bsa sya ksih tutorial

      Delete
  50. Mba,kalo jalan nya gak lancar gimana ya? Krn lama gak dipake

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mas/bpk,mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077
      Di WA bsa tnya jwb jg bsa sya ksih tutorial

      Delete
  51. Makasih sis sharingnya. Membantu bgt. Aku mau share pengalaman, abis ganti jarum jadi gak bisa mintal, cuma jadi garis putus2. Aku coba ulang2 pasang jarum beberapa kali sampe akhirnya bisa. Nonton video2 di youtube. Emang bener2 settingnya ga boleh salah sedikit pun dan mesti tepat.

    ReplyDelete
  52. Sebelumnya makasih nih atas infonya,,, sangat membantu,, untuk semua yang baca,,, saya punya masalah pada mesin jahit mini saya : mesin jalannya lambat baik itu menggunakan pedal ataupun tombol auto.... kalo hasil jahitannya sih ga da masalah! ada yang bisa bantu masalah saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mas/bpk,mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077
      Di WA bsa tnya jwb jg bsa sya ksih tutorial

      Delete
  53. saat jahit tiba2 ditengah perjalanan benang tidak bisa mengait, apa perlu dibongkar ya ?
    sudah di cek skoci, pemasangan jarum dan benang tapi tetep saja ga berhasil. gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mas/bpk,mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077
      Di WA bsa tnya jwb jg bsa sya ksih tutorial

      Delete
  54. bener banget posisi jarum membuat mesin bisa menjahit lagi terimakasih banget

    ReplyDelete
  55. Kenapa y...mesin saya gak bisa jahit..gak nyatu gitu...padahal sudah di settibg ky mbk?? Tolong donk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mas/bpk,mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077
      Di WA bsa tnya jwb jg bsa sya ksih tutorial

      Delete
  56. Jarumku patah mba... Bisa aja kan diganti sm jarum yg djual dtoko... Itu jarum yg patah tulisannya 14/90 klo dtoko itu yaah tipe jarumxnya mba? Maklum amatiran mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jarumku juga patah, mba berhasil ga setelah ganti?? Hahahha. Gemes nih kalau ga kepake. Buang2 duit.

      Delete
    2. Kalo mas/bpk,mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077
      Di WA bsa tnya jwb jg bsa sya ksih tutorial

      Delete
  57. Sering benang mesin jahit hitam buterfly bagaimana ya benang atas bawah gak bisa ngait

    ReplyDelete
  58. 1 tahun baru ketemu setiingan nya ? gak salah tuh mba ?

    ReplyDelete
  59. Hello ka mau nanya kenapa jaitannya gagal trs yaaa? Udh tutorial segala macem masih ga bisa. Apa ada step yg kelewat?

    ReplyDelete
  60. Hello ka mau nanya kenapa jaitannya gagal trs yaaa? Udh tutorial segala macem masih ga bisa. Apa ada step yg kelewat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mas/bpk,mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077
      Di WA bsa tnya jwb jg bsa sya ksih tutorial

      Delete
  61. Hello ka mau nanya kenapa jaitannya gagal trs yaaa? Udh tutorial segala macem masih ga bisa. Apa ada step yg kelewat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mas/bpk,mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077 Di WA bsa tnya jwb jg bsa sya ksih tutorialFebruary 1, 2018 at 5:45 AM

      Kalo mas/bpk,mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077
      Di WA bsa tnya jwb jg bsa sya ksih tutorial

      Delete
  62. Saya jg punya masalah benang atas tidak mau nyangkut dengan benang bawah, setelah saya bongkar ternyata pengait benang pada rumah sekoci tidak sinkron dengan posisi jarum, saat pengait benang di posisi jarum, jarum posisinya diatas. Skrng alhamdulillah stlh di benerin sdh bs dipake lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mas/bpk,mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077
      Di WA bsa tnya jwb jg bsa sya ksih tutorial

      Delete
  63. Kak, kalau saya masalahnya jarumnya mentok di wadah sekocinya itu, ga kena benang, jadi ga jalan mesin jahitnya, kenapa ya? Kayak nyangkut g mau ke benang skoci bawah gitu. Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  64. Kak, kalau saya masalahnya jarumnya mentok di wadah sekocinya itu, ga kena benang, jadi ga jalan mesin jahitnya, kenapa ya? Kayak nyangkut g mau ke benang skoci bawah gitu. Mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mas/bpk,mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077 Di WA bsa tnya jwb jg bsa sya ksih tutorialFebruary 1, 2018 at 5:43 AM

      Kalo mas/bpk,mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077
      Di WA bsa tnya jwb jg bsa sya ksih tutorial

      Delete
  65. Mbak mau tanya, mesin jahit saya portable merk S2,
    Benang bawah gk bisa naik, bagaimana solusinya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mas/bpk,mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077
      Di WA bsa tnya jwb jg bsa sya ksih tutorial

      Delete
  66. Mbak mau tanya,tension yg buat atur jahitan itu hilanh.kalo bli nya di mana ya mba?makasih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mas/bpk,mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077
      Di WA bsa tnya jwb jg bsa sya ksih tutorial

      Delete
  67. Sya udh coba tpi ttp ga bss,, gmna lgi ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mas/bpk,mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077 Di WA bsa tnya jwb jg bsa sya ksih tutorialFebruary 1, 2018 at 5:41 AM

      Kalo mas/bpk,mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077
      Di WA bsa tnya jwb jg bsa sya ksih tutorial

      Delete
  68. Sama, bberapakali diperbaiki tetep gak bisa2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mas/bpk,mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077
      Di WA bsa tnya jwb jg bsa sya ksih tutorial

      Delete
  69. haii... aleta.id menjual produk-produk berbahan kulit sapi asli bekrlualitas tentunya nyaman saat dipakai dan kepercayaan diri bertambah. yuk order sekarang di https://aleta.id/ atau kunjungi blog kami http://www.jualidcardjogja.com/

    ReplyDelete
  70. Bund mau tanya dong.. Selama ini sya oake mesin ini aman2 aja.. Tadi jg masih tak pake lancar.. Nah pas sya mau ganti baju yg lain itu benang jarumnya kaya nyangkut di puter pun susah.. Akhirnya benang atas sya lepas sya liat bagian mesin dlm bawah jarum itu sma sya puter masih macet2 kya tiap di puter ada suara jeglek jeglek trus gtu.. Klo di buat jahit benang langsung yangkut bawah susah di tarik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mas/bpk,mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077
      Di WA bsa tnya jwb jg bsa sya ksih tutorial

      Delete
  71. kalao benang lepas terus dari jarum nya itu kenapa ya?pdahal uda bener cara pasang nyaa semuaaaa....tolong bantu jawab yaaaa...thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mas/bpk,mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077
      Di WA bsa tnya jwb jg bsa sya ksih tutorial

      Delete
  72. baru mau mulai jahit eh lepas, di pasang lepas lagiii... itu kenapa ya? pdhl uda di stel gak begitu kenceng ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mas/bpk,mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077
      Di WA bsa tnya jwb jg bsa sya ksih tutorial

      Delete
    2. Kalo mas/bpk,mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077
      Di WA bsa tnya jwb jg bsa sya ksih tutorialE

      Delete
    3. Bapak rendy wijaya dgn nomor wa 081911911077 tolong dikirim barang servisan sy.. Sudah 1 bulan dn sy sudah kirim uang utk by servisnya..

      Delete
  73. Kalo mas/bpk,mbk/ibu berkenan bsa sya bntu perbaiki. Hub (WA saja) 081911911077
    Di WA bsa tnya jwb jg bsa sya ksih tutorial

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tolong kirim barangnya.. Sy sdh transfer by servisnya.. Sudah 1bln lebih g dikirim balik..

      Delete
  74. Saya dh coba tetep gkbisa...tenyata saya baru tau...kalo jahit 3 lapis kain masih nyangkut tapi kalo 4 lapis...gk nyangkut...intinya mesin jahit ini gkbisa jahit yg tebel2...kalo bahan jean mungkin 2 lapis aja

    ReplyDelete
  75. Punya saya tadinya bisa buat jahit, tiba² ga bisa buat jahit. .lagi enak² jahit pas dilihat ternyata tidak meninggalkan jejak jahitan. Kenapa ya? Kan saya ga utak utik setingan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama punya saya sama kakak juga, ternyata setelah lihat youtube kebanyakan bermasalah di mesin tempat spulnya, harus dibongkar, sering loncat gigi" mesinnya sampe geser pengait benang bawahnya jadi gak pas.
      Coba cek di youtube.

      Delete
  76. Ini mesin jahit mini saya bermasalah terus nih, barusan masalah benang di spulnya gak mau naik, udah fix saya bongkar (stlh lihat tutorial di youtube) dan Alhamdulillah bisa naik. Tapi sekarang masalah jarak jahitannya yg dempet banget, saya puter" pengaturnya sama aja. Itu gimana ya??? Mohon bantuannya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[Review] Laneige Water Bank series ~ Trial Kit

Resign dari PNS