Resign dari PNS

Sebenernya ini telat banget kalau nulis tentang resign. Karena saya resignnya sudah tepat 2 thn per bulan ini. Tapi masih banyak aja yg nanya kok bisa resign dari PNS? Gimana caranya? Prosesnya kayak apa? Katanya klo mau keluar dari PNS lebih susah daripada masuknya.

Jadi bermula dari saat PRT saya 2 orang kabur dari rumah dini hari. Dan sejak itu sya kesulitan untuk ke kantor membawa anak batita 2 orang (3thn dan 1 thn) naik angkot dengan suami yg dirumah hanya seminggu sekali. Dan akhirnya saya memutuskan untuk resign. Pertimbangannya itu gaji PRT 2 orang saja sudah 3jt sendiri. Yg mana gaji PNS syaa 2.8jt.. eaaa udah minus 200rb. Ada tunjungan kinerja sih tapi sebagian besar (hampir semuanya) terpotong kalau ga karna terlambat, ijin ya sakit (terlambat dan ijin biasa karena alasan anak). Belom biaya transport naik angkot, biaya makan dikantor, dll, dll.. sebenernya lebih banyak minusnya sih daripada untungnya. Oke itu baru dari segi biaya. Dari segi waktu juga banyak banget yg saya lewatkan mulai dari golden age nya anak2 sampai bahkan waktu weekend pun tersita untuk kerjaan. Dimana saya jadi benci sekali begitu dengar kata pelatihan atau pencacahan.

Dulu pertimbangan dari teman2 yg sudah berumur katanya gapapalah rugi sebentar kan anak2 juga kalau udah sekolah kan ga perlu pembantu. Nanti bingung loh dirumah mau ngapain kalau anak2 udah sekolah. Tapi sebenernya saya juga udh ga cocok sih sama kerjaan di kantor. Kalau harus mengerjakan pekerjaan yg sama ke lapangan bertahun2 rasanya sya tidak sanggup. hahaha.. jadi rasanya yasudahlah bukan jalannya disini.

Pertama saya menghadap kepala seksi dulu sebagai atasan langsung. Disini sih cuma bicara saja tidak perlu surat pengunduran diri. Kasie saya tida banyak bicara apa2 karena memang kondisi saya juga tidak memungkinkan untuk bekerja dengan membawa 2 bocah. Selanjutnya saya menghadap kepala kantor membawa surat pengunduran diri. Biasanya akan diarahkan dulu untuk opsi lain. Tapi kalau sudah bertekad ya gimana caranya kita meyakinkan kepala kantor aja tentang alasan kita resign. Surat pengunduran diri kalau diterima (diijinkan) oleh kepala kantor kab/kota akan diteruskan ke kepala propinsi. Di propinsi tetap akan diajak bicara kembali. Kalau diijinkan akan dilanjutkan ke pusat. Di pusat akan diadakan rapat baperjakat. Setelah keputusan baperjakat keluar, akan keluar surat keputusan. Tapi belom pasti diijinkan resign ya. Tergantung alasan kita. Jika dianggap masih dibutuhkan ya permohonan resign ditolak. Jika diijinkan maka propinsi akan mengeluarkan SK pengunduran diri dengan hormat (statusnya). Setelah keluar SK, tinggal tunggu bendahara pusat untuk menghitung kerugian negara dan kita diharuskan membayar berapa banyak.
Setelah dihitung kita akan dikabari dan dikirimkan blanko surat pernyataan isinya mengenai kesediaan membayar TGR (tuntutan ganti rugi) sekian dan akan dicicil.. kali selama.. bulan. (Dalam hal ini untuk BPS maksimal dicicil selama 2 thn). Tandatangan materai. Kirim ke pusat. Lalu mulai proses mencicil.
Proses cicilan tinggal transfer dan bukti transfer dikirimkan ke pusat. Kalau sya sih kirim via WA ke bendaharanya hehe.. dan setiap bulan saya menerima bukti laporan pembayaran bulanan dikirim by email.
Setelah cicilannya lunas, tinggal mengurus surat keterangan sudah membayar TGR dan mengambil ijazah yg ditahan di kampus.
Nah tapi jangan lupa untuk mengurus TASPEN dan BAPERTARUM begitu keluar SK pengunduran diri. Ini sering dilupakan. Padahal jumlahnya lumayan sekali. Untuk Taspen kita dipotong 8% gaji setiap bulannya dikali jumlah thn kerja plus kenaikan bunganya. Untuk bapertarum sekitar rp 7000 setiap bulan dikali thn kerja. Lumayan banget kaannn.. saya bekerja 5 thn jumlah tunai taspen saya diatas 15jt (tepatnya saya lupa). Untuk bapertarum sekitar 300rb an.
Proses pengurusan taspennya cukup membawa dokumen2 ke kantor taspen. Dokumennya :
- SK pengunduran diri
- slip gaji terakhir
- daftar gaji terakhir
- surat keterangan berhenti dari kantor asal
- kartu taspen
- fotokopi rek bank yg untuk gaji
- KTP
- karpeg
- Surat Keterangan Penghentian Pembayaran gaji (SKPP)
Nanti di taspen mengisi formulir, serahkan dokumen. Tinggal tunggu uang akan ditransfer ke rek kita.
Untuk bapertarum semua berkas bisa dikirim ke kantor pusat bapertarum. Alamat bisa googling. dan nanti akan ditransfer juga dananya ke rek kita. Untuk bapertarum jangan lupa mengisi form pengembalian tabungan. Bisa diambil di kantor BRI yg kerjasama dengan kantor atau biasanya bisa diminta ke bagian kepegawaian. Kemaren saya minta di BRI.

Edited :
Tambahan bagian 2 disini



Semoga menambah informasi buat teman2 ya

Comments

  1. Replies
    1. Terimakasih sekali tulisannya Mbak..maaf Mbak..saya mau tanya..klo saya masih ada utang di bank..dan saat ingin resign apakah utang itu pindah manjadi tagihan pribadi saya..?
      Dan apakah saya harus mencarikan agunan juga pengganti SK buat bank tersebut Mbak..?
      Mohon pencerahannya Mbak..makasih

      Delete
  2. Hai nuriinnnn makasih udah mampir disini yaaaa *dadahdadah*

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku sering kok mampir dan baca-baca. Aku udah ngubek-ngubek dari postingan yang jaman baheula kayaknya, :D

      Delete
    2. Mb, mau tanya, setelah saya baca2 kan bapertarum sudah bubar ya , terus apa masih bisa diurus untuk pns yg resign?sy searching2 kok belum dapat berita kemana harus klaimnya.. btw sy pegawai pengangkatan thn 2009 dan rsign thn 2019

      Delete
  3. Kena brp dl nek tgr? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ak kemaren kena 23jt. Jadi nyicil 1jt per bulan selama 23 bulan 😄

      Delete
    2. Info besaran tgr bps lihat dimana mb?

      Delete
  4. Mbk blh minta kontak whatsappnya, sy jg lg galau mau resign dr bps. Mksh sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai.. maaf ni kayaknya komentarnya kemaren masuk ke spam dan baru terlihat. huhuhu.
      Bisa email saya duluan aja ya nanti saya kasih No WA nya :)

      Delete
  5. kenapa harus bayar ganti rugi mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena kuliahnya di kedinasan mba.. kuliah gratis dibayarin sama BPS nya. Lulus langsung ikatan dinas di BPS. Kalau keluar sebelum ikatan dinas selesai kena biaya ganti rugi😄

      Delete
    2. apakah semua PNS yang mengundurkan diri akan kena TGR?

      Delete
    3. tidak selalu pak dedi.. hanya kasus saya karena saya masih terikat ikatan dinas jadi ada tuntutan ganti ruginya.

      Delete
  6. Salam kenal mbak mau tanya,
    klo bentuk skppnya itu, skpp yang dikeluarkan oleh KPPN ya mbak?

    saya resign dari PNS tahun lalu namun tidak mendapatkan SKPP

    apakah itu berarti skpp pindah satker?

    Terima kasih mbak atas jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. SKPP itu dari kantor asal. Dibuat oleh bendahara kantor yg menyatakan kalau gaji kita sudah diberhentikan per bulan berapa. Itu sebagai bukti bahwa kita sudah tidak menerima gaji lagi n buat perhitungan jumlah Taspennya

      Delete
  7. aku pun ingin resign dr be pe es inih, mbak ~
    tapi alasan utama nya karena belum juga boleh pindah ikut suami :(
    cuman saya angkatan baru kemarin sore nih, denda nya lumanyun :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belom dibolehinnya sama siapa? Ga disetujui pusat? Biasanya kalau kota yg dituju siap menerima pusat sih setuju2 aja..

      Delete
    2. coba dibicarakan saja baik-baik, aku dulu juga yang ngebujukin mulai dari kota/propinsi beberapa tlp, mempertimbangkan segala macem, tapi asal alasan kita tepat ya gak bakal bisa dilarang juga toh

      Delete
  8. KLO udah 14 thn masa kerja...dapat denda jg ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak ada ikatan dinas juga kah? Kalau ga ada ikatan dinas sepertinya tidak ada tuntutan ganti rugi mbak..

      Delete
  9. Ngaa ada sih mba..Sy PNS daerah..

    ReplyDelete
  10. Kemaren abis Dr kantor BKD Daerah...Minta prosedur resign nya..Tp mereka GA mendukung niat saya...Malah ngasi contoh surat permohonan cuti diluar tanggungan negara..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. memang kalau untuk PNS daerah sulit untuk keluar katanya. Instansi saya kebetulan bukan otonomi, jadi instansi vertikal. Mungkin bisa dibicarakan dulu ke atasan langsung mengenai maksud dan tujuannya mba.. :)

      Delete
    2. mb.. klo urus TASPEN itu siapa yang urus?

      Delete
  11. Mbak kerja di bps juga???saya juga rencananya tahun ini pengen resign dan alasannya sama bgt kaya mbak...prosesnya itu brp lama ya dr pengajuan sampai di keluar SK??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengajuan kemaren oktober. Tertahan agak lama di prop. Sampai pusat itu januari. Nunggu rapat baperjakat, feb keluar SK, April mulai cicil TGR

      Delete
    2. Oo gt mbak,,mbak masih nyimpen contoh surat resign nya ga mba???

      Delete
    3. Ternyata banyak pegawai bps yang mau resign ya. Saya jugaaa 😭 alasan nya sama bgt kita mba. Cuma saya masih tertahan kredit di bank 70jt lagi 😢

      Delete
    4. mba irma, maafkan saya sudah tidak simpan surat resignnya hehe..
      mba nensi : kredit BRI bisa dialihkan menjadi bayar manual kok. kemaren itu saya begitu, jadi datang saja ke BRI untuk pemberhentian potong gaji dialihkan menjadi bayar manual

      Delete
    5. mba..maaaf.. gmn prosedur bayar manual BRI ini ? klo pns dl kan agunannya SK, klo kita resign n byr manual, agunannya gmn ? oya, sy blh mnta no. wa mba ?
      sy leni mba, pns LPND.. sdh 12 thn kerja... lg galau mba, resign/lbjut, scara sy py 4 krucil, 2 diantaranya balita. mhn pncerahannya y mba... trmksh... :)

      Delete
    6. mba..maaaf.. gmn prosedur bayar manual BRI ini ? klo pns dl kan agunannya SK, klo kita resign n byr manual, agunannya gmn ? oya, sy blh mnta no. wa mba ?
      sy leni mba, pns LPND.. sdh 12 thn kerja... lg galau mba, resign/lbjut, scara sy py 4 krucil, 2 diantaranya balita. mhn pncerahannya y mba... trmksh... :)

      Delete
    7. hai mba.. prosedur bayar manual ini nanti kita menghadap ke BRI langsung, lalu akan diubah pendebetannya dari debet gaji menjadi debet tabungan. sebelum tgl pendebetan sebaiknya diisi tabungannya. wa bisa japri ya mba.. email saja ke teresiarani@gmail.com :)

      Delete
    8. Mba pada saat pengajuan resign sampai sk keluar selesai, apa harus tetap bekerja/ masuk kantor? Atau selama proses pengajuan resign sudah mulai ga masuk kerja

      Delete
    9. sebenernya seharusnya masih masuk kerja.. hehehe.. tapi kalau saya tidak memungkinkan lagi untuk masuk kerja jadi saya gak masuk :D

      Delete
    10. hai mba ranee...
      kebetulan saya di BPS juga. besok insyallah mau masukkan surat resign. tapi kok aq harus tetep ngantor ya, katanya harus nunggu keluar SK dulu. klu gk ngantor lg tp SK blom keluar, berarti itu keluar secara tidak hormat dan SKnya gk bisa di pake kemana2, termasuk untuk ngurus taspen nantinya. kira2 pa alasan mba sehingga di izinkan gk ngantor lg tanpa harus menunggu SK? thanks mba sblomnya.........

      Delete
    11. kk anonymous, boleh share kah kk, saya berniat mengajukan bulan desember, tapi masih bingung

      Delete
  12. 5 tahun menjadi abdi negara, terselip ada gejolak yang mengganggu perasaan. memang butuh keberanian untuk mengambil pilihan. googling sana-sini, baca-baca komen, koq ternyata yang ingin resign itu juga banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang mau resign banyak, yang beneran resign cuma sedikit. Semua kembali kepada apa panggilan hidup masing-masing. Yang terpanggil untuk menjadi abdi negara pasti akan berbeda jalannya dengan yang terpanggil untuk menjadi ibu rumah tangga. Sing penting itu jalanilah sesuai panggilan masing-masing.. semangat.. :)

      Delete
    2. terima kasih responnya mba ranee.
      pingin resign tapi masih ada kendala kredit bank yang belum bisa dilunasi untuk sekian tahun. semoga bisa segera melunasi utang lalu urus resign. amin

      Delete
    3. Aamiin.. Saya juga gitu mba. Pgn bgt resign tapi masih ada kredit bank

      Delete
    4. kredit bank bisa dialihkan menjadi pembayaran manual kok.. jika memang sanggup mencicil manual resign bisa jadi pertimbangan

      Delete
  13. Infonya sangat berguna sekali buat saya mbaa...suami saya resign per oktober 2016...setelah saya baca tulisan mbaa saya langs ngurus taspen suami saya,,,saya mau tanya untu ngurus bapetarum apa ajj persyaratannya n gmana cara ngurusnya mbaa...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba maaf baru balas tampaknya terlewat, apakah sudah diurus atau masih perlu infonya? bisa ke website bapertarumnya mba untuk lebih jelasnya.

      Delete
  14. Waktu nunggu sk resign keluar tetep ngantor gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. onaa.. su terjawab to hahaha.. tra usah ngantor :D

      Delete
    2. Wah serius? Sblm SK turun, kita sudah tidak usah ngantor lagi?

      Delete
    3. masih ada yg hrs diurusin ga mba selama proses resign samapi keluar sk, sehingga wlpn ga ngantor tp harus bolak balik k kantor?

      Delete
    4. seharusya sih masih ngantor.. tapi saya dalam kondisi tidak memungkinkan ke kantor makanya langsung gak ngantor. yang harus diurus adalah pekerjaan yang belum selesai. setidaknya delegasi pekerjaan ke orang lain lahh :D

      Delete
  15. Sy jg pngn resain dr pns krna tdk bs kerja dbawah tekanan,, sy guru propinsi,, tpi msh pnya pinjaman bank,, benar2g nyaman,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau memang sanggup mencicil banknya bisa dialihkan kok mba menjadi pembayaran manual. jadi tidak potong gaji tapi kita bayar manual tiap bulannya

      Delete
    2. Wah, mbak.Sy jg mau keluar dari pns. Sy jg badan vertikal kayak mbak. Sy upt daerah di bawah kementerian. Status sy per juni 2017 adalah sebagai pns. Namun ada keterangan surat perjanjian untuk masa cpns tdk boleh keluar krn akan kena denda 35 juta. Boleh pindah ketika 5 tahun mengabdi. Tapi tidak ada keterangan untuk berhenti. Apa itu disebut perjanjian kerja ya? Sy pengen banget keluar, tp masih bingung dengan dendanya. Jujur sy sdh lelah, semenjak kerja di tempat sekarang rasanya tidak ada hari tanpa saya sakit

      Delete
    3. iya itu perjanjian kerja mba.. denda sih kalau bisa dinego untuk dicicil sepertinya ya. kayak saya kemaren denda dicicil 2 thn :)

      Delete
    4. Mau tanya mbak sakura ,apakah jadi resignnya..? Karena saya jg ada niatan resign. Tapi ada perjanjian kerja pas ganti rugi 100 jt jika blm 10 tahun😰

      Delete
  16. mbak bisa kita via email mbak.ada yg mau saya tnyakn. ema saya yosielkaputri89@gmail.com .trimkasih mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba bisa kirim email ke teresiarani@gmail.com ya makasih 😄

      Delete
    2. aku sudah kirim email. mohon utk di cek.. tks..

      Delete
  17. mbak bisa kita via email mbak.ada yg mau saya tnyakn. ema saya yosielkaputri89@gmail.com .trimkasih mbak

    ReplyDelete
  18. mbak bisa kita via email mbak.ada yg mau saya tnyakn. ema saya yosielkaputri89@gmail.com .trimkasih mbak

    ReplyDelete
  19. mbak, cara hitung ganti rugi nya gimana ya? kalau baru kerja setahun dan ingin resign

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbanya di BPS atau instansi lain? Kalau di BPS sudah ada tata cara perhitungannya sendiri tabel tiap angkatan. Kalau instansi lain bisa ditanyakan ke bendaharanya untuk ditanyakan ke KPPN biasanya 😊

      Delete
  20. mba sebenarnya saya udah menyiapkan berbagai syarat untuk resign.. tapi saya takut TGR nya mba.. tahu TGR mba aja saya cukup shock.. kira2 standar TGR itu berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah malah TGR saya ini termasuk kecil hehehe.. soalnya untuk yang baru lulus belum menjalani ikatan dinas sama sekali atau yang sempat ikut program beasiswa s2 malah sudah mencapai ratusan juta.

      Mba di instansi mana? Kalau di bps sudah ada tata cara perhitungannya.. tiap instansi berbeda

      Delete
  21. Saya mau resign dari PNS, tapi masih ragu karena ini bakal tidak mudah, disamping penolakan dari rekan2, orang tua, juga masih bimbang mau kemana setelah ini. Ada saran Mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai.. bisa cari yg sesuai bidangnya. Kalau boleh tau PNS mana? Dulu lulusan jurusan apa kah?

      Delete
  22. Saya juga PNS BPS mbak sudah kebelet bgt pengen resign alasannya sama karena anak g ada yg ngasuh secara perantauan plus beban pekerjaan yg semakin hari semakin besar. Target ny itu loh, apalagi saya Ksk. Tau sendiri lah gmn tertekannya. Anak stis bukan mbk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya anak STIS mba.. sebenernya ksk lebih mudah keluar dibanding anak STIS. Iya beban KSK emang tidak mudah ya.. terlalu overload pekerjaan

      Delete
  23. Mbak mau tanya.. Saya cpns guru daerah terpencil sudah terima sk tetapi belum spmt nya. Saya ingin mengundutkan diri dengan alasan jauh dari suami dan anak masih umur 3 bulan. Bagaimana prosedur pengajuan resignya mbak? Apa sanksi cpns yang ingin mengundurkan diri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. prosedurnya sepertinya sama mbak.. mengajukan surat pengunduran diri kepada atasan langsung. kalau saya ke kepala kantor dengan mengetahu kepala seksi. sanksi seharusnya tidak ada ya kecuali memang ada perjanjian ikatan dinas sebelumnya. biasanya ada tuntutan ganti rugi

      Delete
  24. Mbak mau tanya.. Saya cpns guru daerah terpencil sudah terima sk tetapi belum spmt nya. Saya ingin mengundutkan diri dengan alasan jauh dari suami dan anak masih umur 3 bulan. Bagaimana prosedur pengajuan resignya mbak? Apa sanksi cpns yang ingin mengundurkan diri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba mohon maaf mau nanya, mba jd mundur pas status cpns? Ada sanksinya mba? Makasih..

      Delete
  25. Sebenarnya akhir 2015 kemarin saya sudah mau resign dan sudah secara lisan ngomong ke atasan secara diam2 tanpa di ketahui orang tua, karena berkali2 saya ngomong k ortu selalu d tentang keras,., saya LDM sama suami sejak nikah,kadang kasian liat anak2 tanpa bimbingan kepala keluarga, sampe skrg sy belum jadi resign krn banyak sekali yg menyayangkan keputusan sy,.tp y begitu mb, sy jd malas kkantor dengan berbagai alasan,sy lebih senang menjaga anak2 saya n menyalurkan hobi saya, boleh saya minta emailnya mb, mau tanya syarat2 resign, terima kasih y mb sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba terimakasih sudah mampir. bisa hub saya di kolom kirim pesan disini yg ada di sebelah kanan. nanti sya balas alamat emailnya dari situ 😊

      Delete
  26. mbk selama proses resign kan gk masuk kerja n masih dapet gaji...trus nanti klo dah keluar sknya,gaji selama gk masuk kerja harus dikembaliin gk ya.mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung SK nya mba.. kalau misal SK per Januari, tapi gaji Januari masih dibayarkan ya dibalikin..

      Delete
  27. wah terima kasih sekali infonya. saya juga sedang berpikir untuk mundur dari PNS setelah hampir 11 thn bekerja. toh saya tidak ada ikatan dinas, jadi harusnya tidak ada hutang ke negara, justru negara masih hutang sama saya (sebagian tukin dan tunjab sejak saya pindah instansi krn promosi blm dibayar).. jadi mungkin tunggu itu baru kemudian resign ;)

    masalah lain sih krn saya masih single dan blm ada suami yg mencari nafkah justru saya sbg pencari nafkah saat ini.. memang sih rejeki dari Allah dan kalau kita pindah krn niat ingin mendapatkan yg lbh halal dan baik insyaAllah dimudahkan. tapi tetep aja repot kalau blmn ada safety net/sampingan dan langsung resign. Ternyata setelah browsing banyak juga ya yang berpikir resign.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tetap kita harus ada backingan dulu mba.. jangan sampai gegabah resign tapi pas keluar gak tau mau bikin apa.. bisa dcoba untuk pindah instansi atau BUMN mungkin

      Delete
  28. hebat mbaknya... saya juga pengen resign... bagaimana tanggapan keluarga besar mbak dan meyakinkan kedua orang tua?

    ReplyDelete
    Replies
    1. posisinya adalah karena suami saya dirumah hanya seminggu sekali dan anak-anak saya masih sangat kecil dan susah sekali mencari PRT yg cocok, jadi saya coba beri pengertian bahwa tanggung jawab saya sebagai ibu dan istri lebih besar dibanding menjadi pegawai. karena kasian ya kalau anak-anak sudah ditinggal papanya, dan mamanya juga masih sibuk kerja. nanti pas besar bagaimana lah jadinya mereka tanpa asuhan dari kedua orang tua

      Delete
  29. Mb, saya minta email atau no WA nya ya. Soalnya sy rencana mau resign juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh kirim inbox ke email saya teresiarani@gmail.com ya

      Delete
  30. Mbak, saya juga berniat ingin resign dari PNS krn ketidaksesuaian pekerjaan dan alasan keluarga. Saya boleh minta no WA nya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh kirim inbox ke email saya teresiarani@gmail.com ya

      Delete
  31. Salam mbak Ranee..
    Saya PNS guru di daerah terpencil di Indonesia Timur. Awal bulan depan saya berencana untuk resign karena alasan keluarga. 2012 lalu saya mendapat beasiswa S2 dari kemenristek, dan selesai 2014. Jika saya keluar nanti, apakah saya juga harus membayar denda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau beasiswa sepertinya akan membayar denda mba.. karena menggantikan uang negara untuk membiayai kuliahnya

      Delete
  32. Mba, barusan sy kirim email, baguz27@gmail.com mohon d respon yah. Makasih

    ReplyDelete
  33. mbak, sya (laki2) pns di upt bawah kementerian perhubungan. sya udah 4 thun kerja tp LDR sama anak istri saya yg beda propinsi. saya tiap 2-3 bln sekali bolos 10 harian bwt pulkam ktemu anak istri. any way busway akhir thun 2017 kmren sya ngajukan mutasi ke upt lain yg msh 1 kota ma anak istri. Tp msh ditolak terus sampe skrg! dan sampe skrg ini sya kepikiran resign dr pns mbak. saya udah nyerah dgn ringikan istri n lucu2nya anak saya yg bkin kangen sekaligus g mau nglewati masa golden agenya.. saya minta sarannya mbak? gmn? nunggu sampai diacc mutasi ke daerah saya ato ngancam (tp serius) resign dulu biar diacc mutasi. gmn mbak? bales di sini ya mbak mrhen99@gmail.com trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah maaf mas saya telat banget ni buka blognya.. hiks.. saya reply di email ya

      Delete
  34. salam mb rani, sy rahmah.. sy pns bps jg nih... beruntung ketemu blog ini, sy berencana resign krna calon suami saya ini orang pajak. yang notabenenya mutasi tiap 2-3 tahun sekali. Sementara saya baru pindah ke daerah tmpt sy bkrja ini blm gebap setahun...
    yg ingin sy tau, kbnyakan yg resign dan berhasil diterima resignnya ini alasan mereka apa mb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai rahmah, maaf ya baru balas dan buka blog ni.. jika pertimbangan memang tidak ada win win solution biasanya pasti diterima resign. Kalau untuk kasus suami orang pajak, banyak yang senasib. nah biasanya mereka memang LDM dulu jadinya, atau ada yang ikut suami jadi setiap 2 tahun pindah instansi. diperbolehkan kok, biasanya bukan SK tetap jadinya. tapi SK titipan. rasanya pimpinan mengerti keadaan yang bersuamikan orang pajak. teman kantor saya dulu per 2 tahun juga pindah instansi sebagai pegawai titipan jadinya.

      akan lebih sulit kalau begitu ada anak dan sudah bersekolah. karena kan anak juga harus adaptasi ya kalau pindah-pindah, nah dulu teman saya pernah cerita kalau pangkat suami udah tinggi biasanya akan tinggal di jawa. jadi sudah bisa dikondisikan.

      semoga membantu ya

      Delete
  35. Hai mbak salam kenal, saya neni. Saya juga baru resign dari pns kementerian perhubungan dengan alasan keluarga. Senang baca tulisan mbak karena merasa ada yang sepemikiran. Semoga kedepannya lebih berkah untuk kita semua. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminnnn yang penting bersyukur dan tetap menikmati keputusan yang diambil :)

      Delete
  36. Sy sdh mengajukan resign.. tp berkas mandek.. apa sebaiknya tdk usah masuk2 Saja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikut sharing ya mbak. Kalo memutuskan nggak masuk2 kerja lagi, nanti pas terima gaji sebaiknya nggak usah dipake mbak. Soalnya pengalaman saya kemarin, abis ngajuin surat saya nggak masuk kerja lagi karena ada bayi. Beberapa bulan berikutnya masih terima gaji. Terus pas terima SK ternyata TMT-nya mundur, jadi ngembalikan gaji yang diterima setelah saya nggak masuk kerja. Alhamdulillah uangnya masih ada. Jadi langsung saya kembalikan ke bendahara untuk disetor ke negara kemudian dibuatkan SKPP.

      Delete
    2. mbak neni, boleh saya minta kontak emailnya?
      terima kasih

      Delete
    3. Boleh mbak. neni_setyoreni@yahoo.com

      Delete
  37. Cerita ny sama seperti saya ya Mba... Anak saya 2 suami pulang seminggu sekali. . Pengen banget resign tapii bingung... Padahal hati udah ga sanggup seperti ini terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga diberi jalan yang terbaik buat mba dan keluarga

      Delete
  38. Sy mau tanya mba, slama proses resign apa kita jg hrus menghadap ke kantor pusat? Krn kantor pusat sy di jakarta, sementara sy dapet penempatan di sulawesi, bingung jg kalo harus bolak balik sampe ke jakarta, krn domisili sy jg bukan di jakarta, syg duitnya kan mana mau resign yg hrusnya byk2 nabung krn nantinya kita ga akan trima penghasilan bulanan lg... Trus biasanya win win solution yg ditawarin apa aja mba? Kepo nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kemaren saya dipanggil pusat, tapi karena kondisi akhirnya by phone saja sih

      Delete
  39. Sy mau tanya mba, slama proses resign apa kita jg hrus menghadap ke kantor pusat? Krn kantor pusat sy di jakarta, sementara sy dapet penempatan di sulawesi, bingung jg kalo harus bolak balik sampe ke jakarta, krn domisili sy jg bukan di jakarta, syg duitnya kan mana mau resign yg hrusnya byk2 nabung krn nantinya kita ga akan trima penghasilan bulanan lg... Trus biasanya win win solution yg ditawarin apa aja mba? Kepo nih...

    ReplyDelete
  40. Hai kak...
    Nice info dr mantan adik tingkat. Hehe..
    Gegalau gegara 4 krucils. Mksh sharingnya kk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangaaattt... baca blog ku tentang resign part 2 deh.. semoga menjawab kegalauan

      Delete
  41. mbak, sqya baru mau ikut CPNS tahun 2018 sbgai guru SD, kebetulan tempat sy melamar butuh 2 guru, dan yg melamar 2 org trmkasuk saya.
    namun dr hati kecil,sy tdk mau jd PNS, ini tuntutan keluarga saya harus ikut. sementara saat ini sy kerja di sekolah swasta yg bonafit dan saya salah satu org kepercayaan yayasan.
    mohon sarannya mbak, apa gk enak nya jd guru PNS ya mbak?
    krna sy org nya gk mau terlalu terikat, pinginnya swaktu2 gk kerja lg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. saya kurang tau di bidang itu mba.. menurut saya semua pekerjaan sama kok.. pns memang title yang membanggakan untuk generasi old, tapi bisa dicoba bicarakan jaman sekarang sudah banyak hal yg berubah..

      Delete
  42. Sy lagi berpikir utk resign dari PNS.. Krn sy non job dan merasa sdh yg gak nyaman..

    ReplyDelete
  43. Uang TGR (tuntutan ganti ruginya) sekitar brp kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bakal beda tiap individu dan beda instansi juga beda.

      Delete
  44. Saya juga pengen resign. Saya PNS daerah. Tapi masih maju mundur karena belum punya nyali bicara dgn ibu saya yang sangat bangga anaknya jadi PNS. Padahal berat jadi PNS. Beban moril nya besar. Banyak hal yg harus di kerjakan yang sejatinya bertentangan dengan hati nurani.
    Gimana caranya mengumpulkan keberanian mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita sm bgt mba nasibnya, kl saya beratnya hanya krn menjaga perasaan ortu aja yg sgt bangga anaknya PNS, sementara mengabaikan perasaan sendiri

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. Sama aku baru keterima cpns tahun ini. Dari sejak awal daftar hingga skrg itu karna permintaan Bapak. Aku coba jalanin dulu skrg...ya walaupun harus ngorbanin perasaan tapi yg penting Bapak bahagia.
      Mudah-mudahan aja ada jalan lain nanti yg lebih baik...

      Delete
    5. Bisa dibaca di blog saya yg lain mba tentang resign part 2 ya.. alasan kenapa resign dan kenapa tidak perly resign

      Delete
  45. Mbak, Kalau mau tau TGR nya kita berapa bagaimana ya?soalnya saya belum 2 tahun jadi pns

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanya ke kepegawaian instansi masing2 mba.. soalnya surat perjanjian tiap orang berbeda

      Delete
  46. Kak...minta nmer hapenya dong...saya mau konsultasi nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kirim email ke teresiarani@gmail.com ya nanti ak info disitu

      Delete
  47. Mau tnya mb klo utk besaran dendanya ituw kira kira brp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau itu tergantung masa kerja dan instansi masing2 jdi pasti berbeda tiap individu

      Delete
  48. Saya juga mbak.. pgn resign aja setelah d pikir2 kok sy tega ninggalin anak2 saya. Apa kl blm pelantika ada TGR ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga diberikan jalan yang terbaik ya mba.. dan semoga semua dimudahkan

      Delete
  49. Mantab infonya kak. Boleh nih bikin group wa buat yg punya wacana resign n udah sukses resign. Saya lagi proses nih. Semoga dimudahkan

    ReplyDelete
  50. Replies
    1. Kalau itu tergantung instansi dan masa kerja masing2.. jdi pasti akan berbeda

      Delete
  51. Mbak, angkatan 50 ya? boleh minta kontak WA nya, mau nanya2,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kirim email ke teresiarani@gmail.com ya.
      Nanti aku balas disitu.. aku angkatan 46 heehee

      Delete
  52. Untuk taspen dan dan bapertarum aoakah saaimt ini masih dapet mb?sy resign dengan masa kerja 10tahun lebih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ijin bantu jawab yak mbaa....😁
      Tahun 2017 suami sya akhirnya resign dng masa kerja 9thn lebih... Nah sya urus k taspen ada 2 x masuk rek yg jumlahnya kurang lebih 28an...sya kurang paham apakah itu taspen doank atau juga bapetarum...

      Delete
    2. Walah terima kasih sdh dijawab, padahal ngetiknya cepet2 td, sampe typo semua... Lumayan jg ya tasepennya

      Delete
  53. Mbaaa thanks banget infonya. Buat prepare saya mo resign juga.. Alasan sama, mau jagain anak masih kecil2 rumah jauh juga dari kantor. Ditambah ga betah sama basa basi kantor. Suasana kantor. Btw mba itu ngeri banget ya pembantu kabur dini hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahh iya aku emang tidak beruntung dalam hal PRT ini

      semoga diberi jalan terbaik ya mba

      Delete
  54. Mbak boleh nanya. Tgr mbak segitu, memag kalau BPS ikatan dinasnya berapa lama ya ?
    Kbtln sy IPDN tapi hanya ikatan dinas 2 tahun, dan sudah mau selesai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. BPS ikatan dinas 8 thn dan jumlah TGR berbeda setiap angkatan

      Delete
  55. Ternyata kebanyakan yang resign pns perempuan ya.
    Jarang yang laki-laki

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laki-laki tentu pertimbangannya lebih banyak ya karena kepala keluarga dan sumber penghasilan utama keluarga

      Delete
    2. saya laki laki masih cpns tapi sudah mau resiqn mbak alasannya saya ga cocok sama kerjaan dan lingkungan kerja

      Delete
  56. Terakhir di BPS kabupaten mana mbak?

    ReplyDelete
  57. Tpi klw d aku d awal masuk ng ada denda2 d surat pernyataan... yang ada kalau resign dgn hotmat atas permintaan sendiri maka akan dikenakan sanksi ng bisa ikut pns untu 1 periode berikutnya...


    Itu aturan denda dr mana ya kak?

    ReplyDelete
  58. Bagi rekan rekan yang ingin diskusi dan curhat soal resign atau mutasi asn atau galau bekerja di per pns yuk mari sering dengan kita disini, feel free to tell your story

    https://t.me/joinchat/U0DrPR2KrCb1P4Wbc9Dyxg

    ReplyDelete
  59. Mbk.
    In syaa Allah, Sy juga siap resign bln depan. Semoga Allah mudahkan.
    Sy pns daerah sdh 10 thn
    Ikatan dinas yg dimaksd seperti apa? Apakh pns daerah ada tgr?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikatan dinas itu ada di perjanjian awal. kalau saya karena kuliahnya gratis dibayari pemerintah jadi ada perjanjian terikat bekerja di instansi yang memberi beasiswa. untuk pns daerah bisa dicek di perjanjian awal saat masuk pns

      Delete
  60. Mbak kalo ID ST1S itu kan rumusnya 2 n plus satu ya?
    Kalo kulyahnya pernah mengulang satu tahun berarti gimana ya?
    Terus rumus tsb, terhitungnya mulai dari masuk kulyah atau mulai dari pertama kerja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. n = masa kuliah. kalau mengulang berarti masa kuliahnya jadi 5 thn.

      Delete
  61. Mbak. Saya sudah baca tulisan ini dari 2020 saat saya sm masih cpns bps. Saya sdh berniat resign semenjak itu, alasannya karena saya sakit autoimun lupus. Saya tidak mampu bekerja di bawah tekanan lagi dan pola kerja satker yang bekerja serba cepat. Sabyu minggu saya terpakai untuk deadline anomali, ngerjain warning dan kerjaan lain. Saya sudah menunhgu dan memantapkan hati. Saya hanya masih terkendala di pembayaran tgr nanti. Karena saya masih dalam pengobatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. TGR kena berapa ya kak kalo boleh tahu? Apakah sudah ada info lebih lanjut?

      Delete
  62. Halo mb, mau tanya kalau ikatan dinas PNS itu kalau TGR nya apa benar diminta mengembalikan biaya + 100%?

    ReplyDelete

Post a Comment

Postingan terpopuler

Mesin Jahit Portable Mini S2 bermasalah? Perbaiki sendiri yuk

[Review] Laneige Water Bank series ~ Trial Kit