Parenting, never ending learning



3 bocah dirumah ini beda aliran kecerdasannya.


Els, 9y

Dari sejak dia kecil pertanyaan2 dia lebih ke arah spiritual. Seperti bagaimana bisa ada Tuhan? Kenapa bisa ada iblis? Kalau Tuhan itu baik kenapa kita harus takut sama Tuhan? Kenapa ada orang jahat? Kenapa harus ada sesuatu yang bertolak belakang diciptakan? Kenapa bisa ada gelap? Atau segala jenis konsep penciptaan dan fungsinya. Pertanyaan2 tentang hidup setelah kematian. Filsafat dan filosofi yang susah susah pokoknya. Semua dia pertanyakan. 


Allen, 7y

Kalau Allen ini lebih ke Naturalis. Hewan  tumbuhan, alam, lingkungan dia tertarik. Pertanyaannya itu seperti proses kelahiran, proses bernafas, proses berkembang biak, perbedaan hewan dan manusia secara detail, kenapa harus ada hewan buas? Atau "air di bumi ini bisa habis gak sih? Jumlahnya selalu sama atau nanti suatu saat akan habis?" Lalu dia mulai merunut air dari sumbernya, ke pemakaiannya dia kira2 kemana saja, lalu dia perkirakan jumlah air yg terpakai dan yang dihasilkan. Itu bisa sampe malam mau tidur dia masih pikirin lalu nanya "Ma, tumbuhan juga kan minum air kan? Banyak gak dia minumnya". Dia bisa protes depan orang yang merokok karena bau rokoknya merusak udara. Merembet ke tanaman bisa hirup udara jelek, atau nanti orang itu akan kena penyakit dsb. Dia merepet.


Thalia, 4y

Bocah terakhir ini lebih ke hubungan antar manusia. Sosialis. Dia peka terhadap raut wajah. Dia pandai membaca orang ini lagi sedih atau lagi marah atau lagi senang. Dia suka ngobrol, dia suka bergaul. Memperhatikan orang-orang. Membaca orang. Dia suka menghibur orang. Dia suka menenangkan orang yang lagi galau. Kalau kakaknya galau dia akan berkata "gak apa-apa,Len.. itu bagus kok. Ia suka kok,Len.." Segala sesuatu tentang interpersonal lah.


Dengan 3 anak yang berbeda sekali aliran mikirnya itu, lalu mau gak mau emaknya harus menguasai ketiga bagian itu. Gimana mau mengajarkan mereka kalau aku sendiri belum paham. Dan kurasa aku jadi jauh lebih banyak belajar secara mendalam semua hal itu sekarang ini.


Karena mereka suka mempertanyakan hal ajaib yang kadang aku pun gak pernah mikir kesitu. Lalu oh iya ya oke aku cari jawabannya, baru aku ajarkan ke mereka.


Terkadang Els nanya lalu aku gak tau dia akan bilang "mama kan orang dewasa. Harusnya tau dong" 😂 Sayang, gak semua orang dewasa mikirin hal rumit seperti itu pas mereka kecil. 


Tapi sebisa mungkin aku cari jawabannya, aku baca banyak buku, literatur, aku pengen menjawab semua keingintahuan mereka. Jadi suatu saat mereka dewasa apapun yang ingin mereka tanyakan, mereka bisa terbuka, bisa curhat sebebas mereka.


Never ending learning ya


Semua anak emang kek gini gak sih? 😆

Comments

Postingan terpopuler

Mesin Jahit Portable Mini S2 bermasalah? Perbaiki sendiri yuk

[Review] Laneige Water Bank series ~ Trial Kit

Resign dari PNS