Penghasilan 30 Juta Besar atau Tidak?

Beberapa hari lalu viral komentar seorang perempuan yang meminta kriteria pasangan dengan gaji minimal 30 juta/ bulan, yang lalu kemudian banyak yang bully sesembaknya.

Kalau lihat profile mbaknya, beliau itu cantik, bodynya oke, designer, sering ke LN (which means dia punya duit sendiri), wajar banget sih kalau standarnya doi segitu mah.

😄 level dia bukan level bawah, dia sendiri udah ada di level menengah atas.
.
.
.
Take home pay suami range 20-30 juta/ bulan, dan pernah ada yang komentar "Gile kalau aku punya suami segitu gajinya mungkin rumahku udah kayak di sinetron".

Sebentar, coba deh kita main hitung-hitungan ya.

1. Rumah
Rumahku itu tanahnya 90m2. Termasuk rumah standarlah ya. Bukan tipe kecil, tapi juga bukan tipe besar (fyi untuk setara gaji 30jt biasanya rumahnya gak ada yang cuma 90m2. Biasanya sih beli kavling, atau 120m2 minimal. Rumahku ini di pinggiran kota jadi masih termasuk "murah" cicilannya per bulan 6jt (ini KPR 20thn). Kalau di kotanya, untuk ukuran yang sama itu udah Milyar. Dan kebayang ya cicilannya pasti diatas itu. Baru Tangerang. Belom Jakarta yang harga tanahnya jelas lebih mengerikan. Temenku ada yang cicilan rumahnya sampai 20jt/bln. Jangan dibayangkan rumahnya kayak di sinetron. Rumah minimalis cuma letaknya di tengah kota.

2. Mobil
Masa gak punya kendaraan sih. Mobil sekelas low price kayak ayla itu cicilannya 3jtan. Naik dikit cicilannya 4-5jt. Mobil Captivaku (dulu) itu cicilannya 10jt/bln selama 5thn. Belum biaya bensin, atau keperluan transport dll 1jt. Belum termasuk biaya service atau biaya rutin lain. Mana kalau bosen ganti mobil. Jadi terus aja nyicil mulu. Captiva ya. Bukan Lambo atau porsche.

3. Makan
Anggap masak deh paling murah. Gofood seminggu sekali. itu seminggu 300rb (udah murah banget kalau pake gaya makanan 4 sehat 5 sempurna). Sebulan anggap biaya makan 2jt. Belum cemilan dan jajan anak-anak. Yaudah buletin aja 2,5jt. Tambah suplemen deh jadi 3jt. Tapi yakin gofood cuma sekali sebulan?

4. SPP Sekolah
dengan anak 3 sekolah di sekolah swasta SPP 1jt/anak. Jadi 3jt/bulan. Kenapa gak di sekolah negeri aja? Kembali ke pilihan kamu. Mau investasi di pendidikan atau di bidang lain. Ini baru swasta kelas paling low. Fyi SPP swasta kelas yang "bagus" itu kayak BPK (SPP 3jt/bln), atau internasional school yang udah jelas range mulai dari 5jt-belasan juta per bulan.

5. Skincare, sabun, keperluan rumah tangga sehari-hari
Belanja bulanan buat rumah 500rb. Skincare (gak pakai makeup) sebulan 1jt (bisa 2x lipat kalau pas semua habis). Total 1,5jt.

6. LifeStyle
Jatah jajan, misal mau beli baju, mau beli perintilan lucu-lucu, 500rb.

eh udah berapa tuh? 25jt ya? yaudah itu basic pengeluaran bulanan. Kan ga setiap bulan dapet 30jt. Kalau cuma 20jt sebulan ya berarti ga cukup gitu kan. wkwkwkwk.

Kalau mau hidup nyaman ya memang habis segitu. Nyaman ya bukan berlebihan. Gak kebayang kalau hidup berlebihan berapa lagi yang diperlukan buat life style.

Jadi ya itu mbaknya minta 30jt/bulan dengan level standar dia yang memang udah segitu, tinggal di jakarta, udah mepet sih. wkwkwkwkwk.

Comments

Postingan terpopuler

Mesin Jahit Portable Mini S2 bermasalah? Perbaiki sendiri yuk

[Review] Laneige Water Bank series ~ Trial Kit

Resign dari PNS