Cara Membersihkan dan Mengolah Kepiting dan Lobster

Siapa yang suka makan kepiting dan Lobster? pasti banyak yang suka dong..

Ada yang tau cara ngolah kepiting dan lobster? Ini pasti sedikit jumlahnya 😁

Sama kok, setelah menikah selama 5 tahun dan memasak berbagai makanan, tapi belum pernah tuh mengolah yang namanya kepiting dan lobster. Selain karena tinggal di daerah yang tidak dekat pantai jadi memang kesulitan juga mendapat bahan bakunya.

Ceritanya berubah saat suami tiba-tiba dinas ke daerah Papua dan tiba-tiba pulang membawa sterofoam cooler box besar berisi kepiting dan lobster yang masih hidup. Yes! kamu gak salah baca. MASIH HIDUP. Sterofoamnya hanya dilubangi agar tidak kedap udara. Kepiting dan lobsternya ya masih teler gitu setengah nyawa. 

Kenapa gak bawa yang udah mati aja? Karena daging kepiting dan lobster itu gak enak kalau diolah saat sudah mati lama. Jadi dagingnya paling bagus diolah langsung begitu dia mati.

Tahap awal, membersihkan




1. Rebus air sampai mendidih. Masukkan kepiting dan lobster sampai memerah sambil menggunting tali-talinya (kepiting dimasukkan dalam kondisi bertali kalau tidak nanti dia berontak
2. Begitu sudah merah angkat dan tiriskan
3. Untuk kepiting buang bagian segitiga yang dibagian bawah. Dan cangkang dibagian atas. Bersihkan dengan sikat karena kepiting banyak terbenam di lumpur. Lobster cukup dicuci bersih saja tidak perlu disikat. 
4. Kepiting dan lobster yang sudah dibersihkan tinggal dibagi 2 atau sesuai selera baru bisa diolah.

Tahap selanjutnya, mengolah

di tahap ini sebenarnya kepiting dan lobster tinggal dimasak sesuai selera saja. Cara pengolahannya sama seperti menggunakan bahan daging lainnya. Hanya berbeda ukuran ini agak lebih besar gitu aja sih.


resep paling populer yang paling sering dipakai adalah kepiting saos padang.. 
selain karena ini resep paling simple, juga enaakk banget hasilnya

Bumbu uleknya :
* Bawang merah
* Bawang putih
* jahe (menghilangkan bau amis) 1 ruas jari cukup

Bahan yang diiris :
* cabe rawit sekuatnya
* 3 daun bawang
* 1 bawang bombay

Tumis semua bahan, tambahkan air secukupnya
Masukkan saos tiram (kira-kira 1 sachet, saos sambal sekuatnya dan saos tomat sedikit saja
Koreksi rasa lalu masukkan kepiting dan lobster
aduk aduk sampai bumbu merata

Note : 
* perbandingan bawang merah : bawang putih = 2:1

Oke, Selamat mencoba ya! 😊

Comments

Popular posts from this blog

Mesin Jahit Portable Mini S2 bermasalah? Perbaiki sendiri yuk

[Review] Laneige Water Bank series ~ Trial Kit

Resign dari PNS