Senin, 26 Juni 2017

Roti Homemade dengan Bread Maker Rebread



Suatu hal yang membanggakan sekali kalau bisa membuat berbagai makanan homemade sendiri. Selain lebih sehat pastinya. Tapi tidak semua orang bisa memasak loh, dibutuhkan latihan dan kreasi dalam memasak dan membuat makanan. Apalagi olahan tepung seperti roti, agak-agak susah susah gampang ya buatnya. Meski resep sudah diikuti secara pasti tetap saja ada aja yang bikin kita gagal. Tapi gimana kalau ada alat yang cukup dengan dipencet-pencet saja langsung jadi makanan? ughh pastinya bikin happy ya hahaha..

Bread Maker.. sebenernya sudah lama saya pengeeennn banget punya alat ini. Cuma masih sayang-sayang uangnya karena masih dipakai untuk beli alat lain yang lebih diperlukan misalnya presto, oven, dll. Saya paling suka masak memasak, buat berbagai cemilan dan panganan, dan hobi koleksi berbagai peralatannya juga pastinya. Salah satu list saya itu bread maker ini. Dan jatah jajan bulan ini bisa untuk beli ni. Pas banget lagi ada diskon hari raya juga lumayan ngirit 500rb. ngiler kan.. Akhirnya saya beli bread maker. Merknya Rebread. Harga promo 1.980.000 dari harga normalnya sekitar 2,4jt sekian.

Kenapa pilih rebread? karena lagi promo! 😂 gak juga sih, meski itu termasuk salah satu faktor pendukung paling penting. tadinya mau beli merk kenwood yang lebih afdol karena selain sudah punya brand, juga udah terkenal kualitasnya lah. Tapi baca beberapa review ada yang menyarankan rebread ini karena katanya hasilnya lebih lembut dibanding kenwood. Harga nya juga masih dibawah merk kenwood atau merk lain seperti panasonic. Oh iya satu lagi di rebread ini ada mode untuk selai dan youghurt dimana di kenwood tidak ada mode ini. mungkin ada di mode lain tapi untuk harga yang sama ga ada menunya. Jadi di rebread ini ada 22 menu, saya beli rebread RB250. ada tipe satu lagi yang hanya 19 menu, jadi ini semacam generasi keduanya lah. Dan Rebread ini banyak free nya. ada sarung tangan, gelas ukur, sendok ukur, buku menu, sampai timbangan digital.

Breadmaker ini sebenernya simplenya adalah masukin semua bahan setting menu dan voilaa keluar jadi roti. Tapiiii plis jangan bayangkan dia bakal keluar jadi roti manis, donat, dsb ya 😂 Dulu saya mikir begitu soalnya (katrok) saya bingung membayangkan betapa canggihnya mesin masukin bahan doang keluar jadi berbagai macam roti. Ini tidak betul ya! 😂😂 Breadmaker ini bisa ngulenin adonan, bisa fermentasi, bisa manggang. tapi tetap untuk membentuk dan membuat isian ya manual. Kecuali untuk roti tawar bisa langsung cemplung cemplung jadi roti deh.

Kelengkapan rebread

Dibawah ini hasil percobaan saya membuat roti tawar dan donat pakai rebread.

ROTI TAWAR

Untuk membuat roti tawar itu paling simple. Siapkan bahan. Masukin bahan. Setting ke menu roti tawar. Pilih menu ukuran roti (saya buat 700gram). Pilih menu pinggiran mau terang,sedang atau gelap (saya pilih terang). Tunggu 3 jam sampai alarm bunyi tanda selesai. Voila keluar roti tawar wangi fresh from breadmaker. nyummy.. as simple as that.




DONAT

Untuk donat ini step-stepnya :
1. Siapkan bahan-bahan

2. Masukkan bahan-bahan ke dalam Breadmaker. Mulai dari yang cair dahulu selanjutnya pertepungan. Terakhir ragi dan baking soda taruh di atas tepung lalu tutupin kembali dengan tepung.



3. Setting untuk mengadon saja. Timer di BM muncul 20 menit. Tunggu sampai selesai. Hasilnya akan seperti ini.

4. Bagi adonan menjadi masing-masing 50gr. Bulatkan lalu tunggu sekitar 30 menit sampai mengembang. Cetak. Lalu tunggu lagi sekitar 60 menit sampai mengembang.




5. Donat yang sudah mengembang siap untuk digoreng


Jadi fungsi BM untuk membuat donat ini lebih untuk ngulenin saja. Karena mixer-mixer yang bukan heavy duty mixer biasanya gak kuat kalau untuk ngadonin roti. Kalau misal mau membuat roti manis misalnya roti isi coklat bisa banget pake BM. Setting ke mode ngulenin dan fermentasi. Lalu keluarkan dahulu. Kita bentuk dan kasih isian.Baru dimasukkan kembali ke BM dan setting untuk memanggang. Atau bisa juga panggang di oven. Karena kapasitas BM ini sebenernya kecil. Pas untuk rumahan. Selain simple, sehat juga pastinya karena tidak memakai pengawet atau tambahan pelembut dan pengembang kue yang berlebihan seperti roti diluaran.

Tertarik?

8 komentar:

  1. Ohhh kalo roti tawar beneran jd roti yaaaaa :D. Duuuh kok jd tertarik :D. Lumayan banget kyknya bisa bikin roti rawar sendiri. Eh tp kalo roti tawarnya dr gandum seharusnya ga ada masalah juga kan ya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa banget mba.. tinggal pake tepung gandum aja jdi deh roti gandum.. 😄

      Hapus
  2. Wah tulisan tea menginspirasi banget nih, jd mupeng pengen beli BM juga 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau suka makan roti ini kepake banget deh...daripada beli roti per 3 hari kan

      Hapus
  3. aahhh... mupeng deh pingin punya bread makernya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau beli kudu sering dipake loh yaa hahaha

      Hapus
  4. Liat rotiny menul banget, pengen gigit mbak :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mbaaaa.. makasih udah mampir yaa

      Hapus

Template by Rumah Es