Rabu, 23 November 2016

Menyusui 2 tahun sambil bekerja? Bisa banget.

Hai mommies.. buat yg akan melahirkan, baru melahirkan, sudah melahirkan dan lagi menyusui, sudah mempersiapkan apa aja ni demi kesuksesan ASI Eksklusif lanjut ASI sampai 2 Thn? Belom ada? Atau masih ada yg beranggapan "ahh susah apa sih nyusuin kan ya cuma gitu aja. naluri Ibu pasti keluar begitu melahirkan. nyusuin doang sih ga susahlah" eits.. tapi banyak banget loh ibu2 yg tidak sampai 2 thn menyusui dan akhirnya dicampur dengan Susu formula (SUFOR) hanya karena minimnya pengetahuan tentang menyusui dari awal. so penting banget buat Mommy dan Mommy to be untuk mempersiapkan diri sejak sebelum melahirkan tentang segala sesuatu tentang menyusui ini.

First, Kenapa sih harus ASI? Sufor sama baiknya kok
duh, jadul banget ya statement ini. saya ga akan bahas banyak soal ini. saya cuma mau bilang, ASI adalah Hak Anak, berikanlah haknya sepenuhnya. Yuk kita lihat tabel perbandingan kandungan ASI dan SUfor dibawah ini
So udah jelas ya mom kenapa ASI itu jauuhhhhh lebih baik kandungannya daripada Sufor. Fyi, Anak pertama saya gagal ASI. Cuma sebulan ASI karena saya kurang mempersiapkan tentang menyusui ini. Belajar dari kegagalan di anak pertama, saya belajar banyak tentang menyusui saat anak kedua dan berhasil menyusui sampai 2 thn. Dan adiknya jauh lebih kuat imunitasnya dibanding kakaknya. waktu dirumah ada yg sakit, kakaknya lebih cepat drop dan tertular dibanding adiknya. Daya tahan tubuhnya jauh berbeda. Saya bisa, berarti mommy pun bisa.

Anak ketiga saya lahir disaat saya sudah tidak bekerja, jadi rasanya jauh lebih mudah dalam hal memberikan haknya. saya bisa menyusui dia kapan saja dia mau, anytime anywhere. Apron dan baju menyusui adalah perlengkapan wajib saya untuk dibawa2. Waktu anak kedua posisi saya masih menjadi ibu pekerja yg berangkat jam 6 pagi pulang jam 5 sore. Bisa full menyusui? BISA BANGET

* Kunci Awal Sukses menyusui
 tau ga sih kalau kunci sukses menyusui itu ada di 1 bulan pertama setelah melahirkan? Saat awal melahirkan, ASI kita itu lagi banyak2nya. jarang banget ada Ibu yg ASI nya ga ada kecuali ada indikasi medis tertentu. Nah selanjutnya tergantung kitanya ASInya mau tetap banyak atau malah sedikit. Karena dibulan kedua kuantitas ASI kita udah mulai menyesuaikan dengan permintaan. Jadi saat kita di bulan pertama mensetting pengeluaran ASI sebanyak2nya (dengan menyusui dan pumping) maka di bulan kedua otak kita sudah otomatis mengeluarkan ASI sejumlah permintaan. oh butuhnya banyak ni, diproduksinya banyak juga. tapi kalau di bulan pertama menyusui masih bolong2 karena dicampur sufor, atau ga pumping, ya siap2 aja sih produksi asinya bakal berkurang. karena menyesuaikan dengan permintaan. permintaannya dikit ya produksinya dikit.

* Trus Gimana dong di bulan pertama?
Produksi ASI kita biasanya di awal2 itu berlebih, artinya ga bakal habis dihisap bayi, karena kapasitas lambung bayi masih kecil banget. Nah saat kita menyusui di kanan, yg kiri di pompa. atau kalau menyusui di 2 PD, habis itu dipompa. Kalau udah habis gimana? ASI ga bakal pernah habis. dipompa sampai benar2 terasa ringan (kosong). Dulu waktu saya dikasih tau ini tau ga saya langsung bilang "kalau gini terus sya tidurnya kapan dong?" :D tidurnya yaaaa sebisanya. hahahaa... Ibu2 baru melahirkan wajar banget kalau kurang tidur. sebulan pertama saya cuma tidur 4-6 jam sehari, padahal kerjaan rumah udah saya bagi2 ke tukang laundry, tukang catering, dll hehehe... ga lain ga bukan kerjaan saya ya nyusuin pompa nyusuin pompa repeat repeat. itu aja. Sampe kapan? sampe bayi udah punya pola tidur yg oke, sampe bayi udah bisa nyusuin dengan baik, sampai kita nemu cara nyuri2 waktu dan sudah bisa tau pola keseharian kita dan mulai bisa menata hari jam demi jamnya. Tips : untuk sebulan pertama paling enak pakai pompa elektrik, ini sangat membantu banget biar kita bisa agak istirahat sambil pumping. sewa aja ga harus beli kok. Banyak tempat rental Breastpump.

* Tantangan menyusui
saya dulu gagal menyusui anak pertama dengan alasan nipple inverted. susah banget perlekatannya. dan saya keburu down, stres, ASI seret, pakai Sufor. Selesai sudah.
Anak kedua masih dengan nipple inverted tapi saya bisa menyusui 2 thn. kenapa? saya belajar kalau menyusui itu bukan masalah nipple. menyusui itu di aerola. sebulan pertama Anak saya masih minum ASI pakai cup feeder (ga pakai dot biar ga bingung puting) karena masih susah menyusui langsung. tapi saya masih terus belajar, sama2 belajar, ibu belajar, bayi juga belajar, akhirnya setelah sebulan berhasil menyusui langsung. rasanya seneeeennnggg banget! Selesai sampe situ? gak! mulai dari puting lecet, puting ngelotok, puting bernanah, blister sampe puting kapalan sendiri :D atau PD bengkak, penyumbatan itu jadi tantangan seminggu sekali hahaha semua permasalahan menyusui, named it saya ngalamin semua :)

* Gimana nyiapin ASIP (ASI Perah) nya?
Sebelum berangkat kerja  saya menyusui dulu. nah dari jam 6 pagi sampai jam 5 sore ada waktu 11 jam. karena anak saya minum asi per 2 jam @100ml jadi dibutuhkan ASIP sekitar 6 botol @100ml. karena hasil perahan ASI saya rata2 150 - 200ml sekali perah jadi saya perlu 3x perah di kantor. biasanya sih jam 9. jam 12. jam 15. setelah itu begitu sampai rumah saya langsung menyusui. kalau hasil perah kurang dari 600ml gimana? saya tambah jadwal perah di rumah saat tengah malam, karena biasanya pas tengah malam produksi asi lagi banyak2nya dan biasanya ga habis disusuin ke bayi.

* Repot ga sih bawa2 perlengkapan pompa gitu?
repot bangetttt.. saya bawa 1 pompa asi beratnya sekitar 2kg, bawa botol asi 6 (kadang lebih simple bawa plastik asip), bawa ice gel 2 (beratnya aja udah 1kg sendiri) , bawa air minum 1L (busui harus banyak minum. wajib hukumnya), bawa cemilan buat booster asi. kebayang ga beratnya tas saya? Ini semua demi anak sodara sodara hahahaa.. menyusui harus keras kepala. harus penuh tekad. Saya standing applaus sama ibu2 pekerja yg bisa menyusui sampai 2 thn. saya ngalamin sendiri jatuh bangunnya memenuhi hak anak sampai 2 thn. ga mudah. sungguh amat sangat tidak mudah. Saya bisa aja sih egois duh repot ya ngasih ASI aja sampe segitunya sih. Saya cuma inget kalau ASI adalah investasi jangka panjang kita untuk anak kita. itu adalah hal terbaik yg bisa kita berikan untuk anak kita.


* kalau kerjaan lagi banyak gimana bisa mompa?
Pemerintah sudah mengeluarkan peraturan tentang menyusui. liat gambar dibawah ini
Untungnya dulu saya punya Bos yg sangat Pro ASI. saya bebas pumping kapan aja. Nah susahnya waktu saya harus kegiatan ke lapangan. Kegiatan saya banyak ke lapangan. trus gimana pumpingnya? Ya tetep jalan lah... jadi saya bawa tas 2. Tas Dokumen Kerja dan tas perlengkapan pumping. hahaa.. beratnya ampun deh. jangan ditanya. Trus pumpingnya dimana? saya biasa mampir di mesjid, atau mampir di rumah penduduk (Pak RT) dan minta ijin pumping disitu. Saya bawa apron dan Pumping pake apron. yaaaa paling ntar dikepoin. gpp,, sekalian edukasi tentang pentingnya ASI kan.
Trus ASIPnya ditaruh dimana? saya taro cooler bag kan ada Ice Gelnya. atau kalau bawaan lagi buerat buanget, biasanya saya ga bawa cooler bag, ASIPnya saya titip dulu di kulkas Pak RT. Pulangnya saya ambil langsung bawa kantor masuk Cooler Bag. Pernah dulu pas dirumah Pak Rt saya titip ASIP dan semua bingung waktu buka kulkas. dan Bu RT yg rempong bilang "heee itu jangan diminum itu susu bayiiiii" tiap ada orang buka kulkas. :D

* Manajemen ASIP gimana?
Saya pernah buang 80 botol ASIP karena lipase tinggi. Rasanya campur aduk, kesel, sedih, nangis mulu.. stok ASIP semua terbuang. sempet mau menyerah karena ga ada Stok sama sekali. Tapi seperti yg saya bilang, menyusui itu HARUS KERAS KEPALA. saya keukeuh HARUS BISA SAMPAI 2 THN. Saya ga mau adiknya jadi gampang sakit kayak kakaknya. Dan saat itu saya mulai sedikit stres karena terbeban ga ada asip dan saat itu juga ASI saya seret.


* Pernah seret ASI nya?
Pernah banget. ada kalanya (sering) ASI saya waktu di pompa cuma dapet 10ml. hahaha.. biasanya sih pas udah banyak kerjaan atau mulai banyak pikiran atau kecapean.Yes Busui wajib hukumnya HAPPY. begitu pikiran kita mulai ga happy ASI pasti langsung seret. Atau misal saya mulai skip ga pumping (dengan berbagai alasan) 2 hariii aja pumping ga teratur dijamin ASI langsung berkurang. Rutin Pumping itu Wajib Hukumnya!! kalau udah gitu gimana dong? sedangkan kebutuhan anak saya 600ml ASIP per hari. Nah saatnya POWER PUMPING. Apa itu Power Pumping? Intinya adalah pumping tiap 1 jam selama 15 menit dalam 24 jam. Itu efektif banget buat ningkatin produksi ASI, Serius! Jadi misal saya skip pumping ni trus ASI kan menurun, abis itu saya mulai Power Pumping, biasa saya jadi ga masuk kantor demi kelangsungan dan kesuksesan (alesan aja sebenernya pengen libur kan hahaha) trus tiap sejam saya pumping setelah menyusui anak. atau kalau masih harus ngantor yaudah saya tutup mata ajalah sama mata2 sinis yg seperti mau bilang "Ni orang niat kerja ga sih di kantor pumping mulu). Saya cuma pikir ASI ini sekali seumur hidup anak saya. Kalau kinerja di kantor nanti bisa sya perbaiki. Cape ya pumping tiap jam? Bukan cape lagi, bosen iya, belum lagi kalau liat ga ad yg keluar pas di pumping, rasanya ni air mata udah pengen keluar aja. Tapi harus semangat, jangan liat hasil perahan, Kalau diliat malah bikin down. karena yg terpenting adalah rutin pumpingnya tanpa melihat berapa banyak hasil perahan. dan dalam 2 hari langsung keliatan kok ASI meningkat produksinya. dari yg tadinya cuma 10ml, besok naik jadi 30ml, besok naik lagi sampai 50ml, besoknya udah balik lagi 100ml. setelah itu saya baru mulai pumping per 3 jam lagi.
Tips : hasil pumping bakal lebih maksimal kalau perah tangan, ga bisa perah tangan? learning by doing kok.. saya perlu 2mg sampai bisa benar2 bisa maksimal perah tangan

* Perlu Booster ASI ga?
Booster ASI paling manjur itu hati yg gembira :)
Tapi Kalau lagi ga bisa bahagia gimana? Ya bikin Bahagia lah.. kita yg tau gimana cara membahagiakan diri sendiri. tapi ada ga sih Booster asi? ada. tapi tiap orang beda2.. cocok2an. ada yg suka daun katuk, di saya sih ga ngaruh. ada yg booster nya di kacang2an, atau coklat, ada yg suplemen seperti fenugreek dll... Kalau saya sih biasa tiap makan enak pasti langsung deres apalagi dikasih durian dan coklat hahaha.. Yg standarnya sih biasanya Kacang2an ( saya biasa minum sari kacang hijau), sayur2 hijau terutama yg berkuah, kurma, madu dll
Itu yg alami, kalau yg resep dokter saya pernah dikasih milmor, moloco, domperidon. tapi itu sya pkai kalau terpaksa banget sih.

Menyusuilah dengan KERAS KEPALA dan HATI yg BAHAGIA. Sesungguhnya bahkan orang terdekat kita terkadang menyarankan hal yg bertentangan dengan yg kita mau, tapi tetaplah berpegang teguh bahwa ASI 2 thn adalah hak anak dan hanya kita yg bisa memenuhi haknya. Tutup mata dan tutup telinga dengan segala perkataan dan saran yg tidak mendukung kita untuk menyusui. Karena pada akhirnya melihat tatapan mata anak kita saat menyusui jauh lebih berharga dari apapun, karena tatapan itu seperti ingin mengatakan "Terimakasih Mama karena sudah memberikan yg terbaik untukku"



14 komentar:

  1. Keren emang mommy yg satu ini. Makin semangat buat bisa nyusuin 2 tahun kak, secara anak pertama ku cm 7 bulan ngerasain ASI,jd ngerasa bersalah. Tapi pas adekny udah lahir, si kakak malah ketagihan ASI. Jd sekarang nyusu untuk 2 anak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak apa2.. namanya juga kita masih belajar, yg penting sekarang adiknya bisa ASI mudah2an sampe 2 thn yaaa.. semangat!

      Hapus
  2. Akhirnya posting ini jg thea. Thanks yaa.. Jd makin semangat ngASI!!!

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. keren kann rin... nyeni banget yak haha

      Hapus
  4. Yes, semangat ASI. Aku jg bersyukur bgt krn baby Ben dr 0-8bln msh ASI trs tanpa sufor.
    Klo soal pumping, aku pumping nya cuman klo lg ngalamin mastitis. Pernah ngalamin mastitis nya sih 2x, jd pd saat itu aja aku pumping utk bantu supaya gak tersumbat salurannya.
    Setelah itu seperti biasa lg, langsung breastfeeding aja. Utk kadar banyak susunya sih, kayaknya gk pernah sedikit ya susunya. Klo sedikit kan pasti baby Ben nya bakalan nangis mulu krn kurang ASI kan (waktu masa ASI eksklusif 0-6bln), tp so far dia anteng2 aja berarti selalu tercukupi ya.
    Utk booster ASI, aku jg makan apa aja susu nya tetap banyak kok. Cuman sejak menyusui porsi dan habit makannya jd lebih banyak dan sering makannya 😄
    Aku jg berharap spy bs kasih ASI sampai umur 2thn 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti bisa nda.. Happy breastfeeding yaaa

      Hapus
  5. pas seret tu apa si mak satu ni anakny campur sufor apa mang sampe 2 tahun t g ada sufor sedikit pun bun?

    saya masih kerja bun (pns baru) yg juga ingin resign...
    cuma bisa kasi asi ex sampe 9,5 bln... skrg campu, tp saya lbr ASI terus, pas kerja pas saya plg baru ASI tp kadang juga saya bisa pumping saya pumping.. krn waktu nge pump d kantor yg udh mulai g bisa (cm skali2) krn yaa tuntutan jadi staf kerja overload ngerangkap bendahara barang...cuma di kasi santai sampe 6 bln bebas nge pump.. blom jarak rmh sama kantor 2 jam pake motor pp bawa sendiri..
    ngelarang sih enggak,tapi deadline kerjany bikin seteres..qt sante mslny prg jln keluar yg biasanya saya beli snack (kalo kata kita booster asi) krn yg dibawa kadang udh dikeroyok dl ma rekan2..
    gmn caranya ya biar bisa lanjut lagi asix ampe dua thn? skrg anak saya umur 10,5bln... ada ide g mak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mak... maaf baru sempat balas. Hehe.. dulu anak kedua saya tidak tambah sufor jadi full asi saja. Sebenernya kalau memang tidak dipumping memang lama kelamaan akan berkurang asinya. Karena produksi asi kan suply demand. Dulu saya pumping per 3 jam.meski lagi banyak kerjaan diusahakan setidaknya maksimal 4 jam pumping. Masih 10 bulan masih bisa bgt buat dikejar. Coba pake power pumping. Misal pas weekend bisa power pumping per 2 jam setelah menyusui. Seberapapun hasilnya sedikit bgt jg gpp. Dulu pas lagi seret 5ml kadang cuma dapetnya. Kalau lagi banyak kerjaan bisa disambi mungkin pakai pompa elektrik dan apron. Jadi sambil bekerja bisa sambil pumping. Ga harus beli. Bisa disewa aja. Kalau booster asi emang kita harus relax..stres dikit pasti langsung seret.. :)
      Semangat mom...

      Hapus
  6. Di usia bayi 8bulan apa msh bisa asi saya sebanyak dulu??? Skrg asi saya sdikit. Payudara kmpes. Semua booster sudah saya coba tp tetep ga ad perubahan. Mana si kecil ga mau sufor n ga bs pake dot. Mohon bantuany

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau usia 8 bulan sebenernya kan sudah MPASI jadi kebutuhan akan ASI sudah berkurang paling sekitar 30% saja. Jadi tidak perlu kawatir asi sedikit atau banyak, asalkan asupan MPASI cukup gizi. ASI di usia 8 bulan sebagai pelengkap saja. Samaan dong mba anakku juga sekarang mau 8 bulan ni. Nyusuinnya paling jadi kayak selingan aja kalau mau tidur selebihnya dari makanan. Mba bekerja? Masih menyusui?

      Hapus
  7. Saya menyesal karena saya tdk prnah pumping.kasian si kecil asiny kurang.apa yg harus saya lakukan.jd stres krn asi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Usia anaknya berapa bulan mba? Mba bekerja?

      Hapus

Template by Rumah Es