Senin, 03 Oktober 2016

Resign dari PNS

Sebenernya ini telat banget kalau nulis tentang resign. Karena saya resignnya sudah tepat 2 thn per bulan ini. Tapi masih banyak aja yg nanya kok bisa resign dari PNS? Gimana caranya? Prosesnya kayak apa? Katanya klo mau keluar dari PNS lebih susah daripada masuknya.

Jadi bermula dari saat PRT saya 2 orang kabur dari rumah dini hari. Dan sejak itu sya kesulitan untuk ke kantor membawa anak batita 2 orang (3thn dan 1 thn) naik angkot dengan suami yg dirumah hanya seminggu sekali. Dan akhirnya saya memutuskan untuk resign. Pertimbangannya itu gaji PRT 2 orang saja sudah 3jt sendiri. Yg mana gaji PNS syaa 2.8jt.. eaaa udah minus 200rb. Ada tunjungan kinerja sih tapi sebagian besar (hampir semuanya) terpotong kalau ga karna terlambat, ijin ya sakit (terlambat dan ijin biasa karena alasan anak). Belom biaya transport naik angkot, biaya makan dikantor, dll, dll.. sebenernya lebih banyak minusnya sih daripada untungnya. Oke itu baru dari segi biaya. Dari segi waktu juga banyak banget yg saya lewatkan mulai dari golden age nya anak2 sampai bahkan waktu weekend pun tersita untuk kerjaan. Dimana saya jadi benci sekali begitu dengar kata pelatihan atau pencacahan.

Dulu pertimbangan dari teman2 yg sudah berumur katanya gapapalah rugi sebentar kan anak2 juga kalau udah sekolah kan ga perlu pembantu. Nanti bingung loh dirumah mau ngapain kalau anak2 udah sekolah. Tapi sebenernya saya juga udh ga cocok sih sama kerjaan di kantor. Kalau harus mengerjakan pekerjaan yg sama ke lapangan bertahun2 rasanya sya tidak sanggup. hahaha.. jadi rasanya yasudahlah bukan jalannya disini.

Pertama saya menghadap kepala seksi dulu sebagai atasan langsung. Disini sih cuma bicara saja tidak perlu surat pengunduran diri. Kasie saya tida banyak bicara apa2 karena memang kondisi saya juga tidak memungkinkan untuk bekerja dengan membawa 2 bocah. Selanjutnya saya menghadap kepala kantor membawa surat pengunduran diri. Biasanya akan diarahkan dulu untuk opsi lain. Tapi kalau sudah bertekad ya gimana caranya kita meyakinkan kepala kantor aja tentang alasan kita resign. Surat pengunduran diri kalau diterima (diijinkan) oleh kepala kantor kab/kota akan diteruskan ke kepala propinsi. Di propinsi tetap akan diajak bicara kembali. Kalau diijinkan akan dilanjutkan ke pusat. Di pusat akan diadakan rapat baperjakat. Setelah keputusan baperjakat keluar, akan keluar surat keputusan. Tapi belom pasti diijinkan resign ya. Tergantung alasan kita. Jika dianggap masih dibutuhkan ya permohonan resign ditolak. Jika diijinkan maka propinsi akan mengeluarkan SK pengunduran diri dengan hormat (statusnya). Setelah keluar SK, tinggal tunggu bendahara pusat untuk menghitung kerugian negara dan kita diharuskan membayar berapa banyak.
Setelah dihitung kita akan dikabari dan dikirimkan blanko surat pernyataan isinya mengenai kesediaan membayar TGR (tuntutan ganti rugi) sekian dan akan dicicil.. kali selama.. bulan. (Dalam hal ini untuk BPS maksimal dicicil selama 2 thn). Tandatangan materai. Kirim ke pusat. Lalu mulai proses mencicil.
Proses cicilan tinggal transfer dan bukti transfer dikirimkan ke pusat. Kalau sya sih kirim via WA ke bendaharanya hehe.. dan setiap bulan saya menerima bukti laporan pembayaran bulanan dikirim by email.
Setelah cicilannya lunas, tinggal mengurus surat keterangan sudah membayar TGR dan mengambil ijazah yg ditahan di kampus.
Nah tapi jangan lupa untuk mengurus TASPEN dan BAPERTARUM begitu keluar SK pengunduran diri. Ini sering dilupakan. Padahal jumlahnya lumayan sekali. Untuk Taspen kita dipotong 8% gaji setiap bulannya dikali jumlah thn kerja plus kenaikan bunganya. Untuk bapertarum sekitar rp 7000 setiap bulan dikali thn kerja. Lumayan banget kaannn.. saya bekerja 5 thn jumlah tunai taspen saya diatas 15jt (tepatnya saya lupa). Untuk bapertarum sekitar 300rb an.
Proses pengurusan taspennya cukup membawa dokumen2 ke kantor taspen. Dokumennya :
- SK pengunduran diri
- slip gaji terakhir
- daftar gaji terakhir
- surat keterangan berhenti dari kantor asal
- kartu taspen
- fotokopi rek bank yg untuk gaji
- KTP
- karpeg
- Surat Keterangan Penghentian Pembayaran gaji (SKPP)
Nanti di taspen mengisi formulir, serahkan dokumen. Tinggal tunggu uang akan ditransfer ke rek kita.
Untuk bapertarum semua berkas bisa dikirim ke kantor pusat bapertarum. Alamat bisa googling. dan nanti akan ditransfer juga dananya ke rek kita. Untuk bapertarum jangan lupa mengisi form pengembalian tabungan. Bisa diambil di kantor BRI yg kerjasama dengan kantor atau biasanya bisa diminta ke bagian kepegawaian. Kemaren saya minta di BRI.

Segitu dlu ya.. itu dulu yg seingat saya hehe

27 komentar:

  1. Manfaat sekali ini Tea infonya. :)

    BalasHapus
  2. Hai nuriinnnn makasih udah mampir disini yaaaa *dadahdadah*

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku sering kok mampir dan baca-baca. Aku udah ngubek-ngubek dari postingan yang jaman baheula kayaknya, :D

      Hapus
  3. Kena brp dl nek tgr? Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ak kemaren kena 23jt. Jadi nyicil 1jt per bulan selama 23 bulan 😄

      Hapus
  4. Mbk blh minta kontak whatsappnya, sy jg lg galau mau resign dr bps. Mksh sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai.. maaf ni kayaknya komentarnya kemaren masuk ke spam dan baru terlihat. huhuhu.
      Bisa email saya duluan aja ya nanti saya kasih No WA nya :)

      Hapus
  5. kenapa harus bayar ganti rugi mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena kuliahnya di kedinasan mba.. kuliah gratis dibayarin sama BPS nya. Lulus langsung ikatan dinas di BPS. Kalau keluar sebelum ikatan dinas selesai kena biaya ganti rugi😄

      Hapus
    2. apakah semua PNS yang mengundurkan diri akan kena TGR?

      Hapus
  6. Salam kenal mbak mau tanya,
    klo bentuk skppnya itu, skpp yang dikeluarkan oleh KPPN ya mbak?

    saya resign dari PNS tahun lalu namun tidak mendapatkan SKPP

    apakah itu berarti skpp pindah satker?

    Terima kasih mbak atas jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. SKPP itu dari kantor asal. Dibuat oleh bendahara kantor yg menyatakan kalau gaji kita sudah diberhentikan per bulan berapa. Itu sebagai bukti bahwa kita sudah tidak menerima gaji lagi n buat perhitungan jumlah Taspennya

      Hapus
  7. aku pun ingin resign dr be pe es inih, mbak ~
    tapi alasan utama nya karena belum juga boleh pindah ikut suami :(
    cuman saya angkatan baru kemarin sore nih, denda nya lumanyun :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belom dibolehinnya sama siapa? Ga disetujui pusat? Biasanya kalau kota yg dituju siap menerima pusat sih setuju2 aja..

      Hapus
    2. dari prov sini mbak ;D

      Hapus
  8. KLO udah 14 thn masa kerja...dapat denda jg ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak ada ikatan dinas juga kah? Kalau ga ada ikatan dinas sepertinya tidak ada tuntutan ganti rugi mbak..

      Hapus
  9. Ngaa ada sih mba..Sy PNS daerah..

    BalasHapus
  10. Kemaren abis Dr kantor BKD Daerah...Minta prosedur resign nya..Tp mereka GA mendukung niat saya...Malah ngasi contoh surat permohonan cuti diluar tanggungan negara..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya.. memang kalau untuk PNS daerah sulit untuk keluar katanya. Instansi saya kebetulan bukan otonomi, jadi instansi vertikal. Mungkin bisa dibicarakan dulu ke atasan langsung mengenai maksud dan tujuannya mba.. :)

      Hapus
  11. Mbak kerja di bps juga???saya juga rencananya tahun ini pengen resign dan alasannya sama bgt kaya mbak...prosesnya itu brp lama ya dr pengajuan sampai di keluar SK??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengajuan kemaren oktober. Tertahan agak lama di prop. Sampai pusat itu januari. Nunggu rapat baperjakat, feb keluar SK, April mulai cicil TGR

      Hapus
    2. Oo gt mbak,,mbak masih nyimpen contoh surat resign nya ga mba???

      Hapus
  12. 5 tahun menjadi abdi negara, terselip ada gejolak yang mengganggu perasaan. memang butuh keberanian untuk mengambil pilihan. googling sana-sini, baca-baca komen, koq ternyata yang ingin resign itu juga banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang mau resign banyak, yang beneran resign cuma sedikit. Semua kembali kepada apa panggilan hidup masing-masing. Yang terpanggil untuk menjadi abdi negara pasti akan berbeda jalannya dengan yang terpanggil untuk menjadi ibu rumah tangga. Sing penting itu jalanilah sesuai panggilan masing-masing.. semangat.. :)

      Hapus
    2. terima kasih responnya mba ranee.
      pingin resign tapi masih ada kendala kredit bank yang belum bisa dilunasi untuk sekian tahun. semoga bisa segera melunasi utang lalu urus resign. amin

      Hapus
  13. Infonya sangat berguna sekali buat saya mbaa...suami saya resign per oktober 2016...setelah saya baca tulisan mbaa saya langs ngurus taspen suami saya,,,saya mau tanya untu ngurus bapetarum apa ajj persyaratannya n gmana cara ngurusnya mbaa...???

    BalasHapus

Template by Rumah Es