Senin, 17 November 2014

alkisah Para ART aka pembantu


tulisan ini sebenernya udah lama saya buat ya... cuma baru diposting..

jadi alkisah wakti itu sy dinasihatin soal pembantu. Agak emosi.. Iya. Karena sya dinasihati oleh seseorang yg belum pernah punya pembantu. Ha! Jadi harusnya sih ga usah diambil hati ya. Karena menurut sya nasihatnya ga signifikan tepat sasaran. karena saya anggap beliau belum pernah merasakan berhadapan dengan para prt yg akhir2 in kebanyakan "manja". dan Tetiba teringat request temen yg minta note ttg pembantu aka asisten rumah tangga. jadi lah tulisan ini

Sy lbih seneng nyebutnya art sih dibanding prt. Karena selama ini art sy tugasnya adalah menjaga anak2 sya. Kalau prt itu kesannya buruh kasar aja gtu buat pekerja rumah. Jadi oke kita sebut mereka art. Mereka?? Ada berapa emang? Saat ini art sya ada 2 orang. (ini past tense ya) Bukan krena rumah sya besar, bukan karena kerjaan rumah banyak, juga bukan karena sya kebanyakan duit. Tapi karena anak sy ada 2. Jadi mungkin kalau anak sy 3, art sya nambah satu lagi? ( mudah2an ga). Sya mau mereka fokus sama anak masing2, karena sya tau jagain dua anak orang lain itu susah loh. Sya jaga anak sendiri aja dua itu rempong n menguji kesabaran betul. Kalau sy emaknya aja kadang bisa ga sabaran, gimana orang lain? Jadi mari kita minimalisir kejadian tidak diinginkan. Biar mereka fokus jaga anak. Urusan rumah mengikuti.

Soal art, sejak elora lahir sampai sekarang berarti sudah ada 2 tahun 7 bulan dan sudah ada 13 orang yg kerja sama sya. Wow ya?! 11 dari yayasan, 2 orang dari kenalan.. Dan kebanyakan art sya agak2 unik, ada jg yg stres, banyak yg eror...

Pertama, saat elora lahir, ambil dari yayasan, stok yg ada cm ibu2 berumur. Yg sya yakin sudah tua.Tapi dia ngakunya 35 thn. Padahal anaknya paling besar umur 27. See? Ga mungkin lah ya dia melahirkan pas umur 8 thn. Tetiba sy teringat susenas. Lupakan! Lanjut ya, krena cm ada dia, dan sy dlm kondisi pasca sc n masih ga bisa ngapa2in akhirny yasudahlah. 2 mg dirumah sya pulangkan ke yayasan karena :- Sy suruh masak bayam, dia masak sayur asem karena katanya dia mau makan sayur asem. Sering bgt sengaja melanggar yg disuruh- bilang ke tetangga2 kalau dia ga dikasih makan (yg sebenernya makanan udh siap, cuma dia maunya disuruh makan dulu) yakali, masa iya sy harus 3x sehari ngingetin makan kayak pacarnya aja.- bilang ke mama sya yg jelek2 ttg keluarga suami sya, dan bilang yg jelek2 soal sya ke keluarga suami. Yg terakhir ga bisa ditolerir, langsung sya pulangin ke yayasan. Dan di yayasan bilang ga ada pengganti, uang ga bisa balik. Cih.. Pelajaran pertama untuk memilih yayasan harus yg jelas.

Kedua, dapet dari kenalan. Kerjanya sangat excellent. Mantan tkw arab. Cekatan. Oke bgt lah. Dari 14 org sampai saat ini dia yg paling oke kerjanya menurut sya. Baru 2mg dia bilang mau ke kampung berobat ijin 3 hari. Sya ijinin eh ga balik.. 2 mg kemudian dia minta kerja lagi. Baru kerja 2 mg dia minta balik kampung lagi alasan anak sakit. Sya ijinin. Ga balik lgi. Heran tu org kayak ga niat kerja gitu dah..

Ketiga, galau karena udh mau kerja. Sya ambil yayasan lagi. Katanya ada umur 16 thn udh bisa pegang anak. Sampe rumah elora diangkat kayak gendong anak biasa padahal kepalanya belum kuat. Langsung sy protes ke yayasan. Trnyata emang dia blum pernah pegang bayi. Akhirnya sya ajarin pelan2 dari dasar, cara gendong, cara kasih minum, cara mandiin, pakein pampers.. Soal kerjaan rumah umm ga bisa dibilang bersih sih, it's oke lah yg penting elora dan sy bener2 cerewetin bgt soal kebersihan elora. Harus steril semua. Tiap pegang elora harus cuci tangan. Apa2 cuci tangan. Baju ganti tiap hari. Art Sakit pake masker. Sy beliin obat n tiap jam minum obat sya tlp ingetin. Daripada anak sy ketularan. Bertahan lama sekitar 8 bulan, sebelum suatu waktu sya nemuin foto2 pacaran n surat2 cinta jaman pacaran sya ada di tempat tidurnya. Emosi karena privacy sya dibongkar2, akhirnya besoknya sya pulangin ke yayasan.

Keempat, sy coba ambil babysitter. Dengan gaji beda tipis dengan gaji sya, dengan harapan lebih oke dibanding art biasa. Bertahan sebulan, dia minta berhenti karena katanya ga sanggup jaga elora yg susah makan. Yaahhh dlu elora emang susah makan.

Kelima, sya ambil babysitter pengganti karena masih masa garansi, gelagatnya sebenernya udah mencurigakan ya, terlalu heboh ga jelas, tapi stoknya cm ada dia. Hari kedua kerja, dia nangis jerit2 waktu ditanya suaminya kerja apa. Tetiba curhat bilang kabur dari suami. Bla bla bla... Sambil jerit2. Waktu sya tulis jerit2 itu bener2 jerit2 ya. Besoknya sy pulangin. Jadi cuma 3 hari ya dirumah. Sy ga mau pekerjakan orang stres.

Keenam dan ketujuh, dua orang yg maunya kerja bareng. Berhubung sy pikir pasti keteteran jg kalau cm sendiri dirumah, jadi yg satu urus rumah satu urus elora. Dua2nya masih 16 thn. Sya ajarin lgi dri dasar cara urus elora. Meski ada yg harus sy ajarin karena mereka baru pertama kerja, seperti sy bilang ga sopan kalau dri kamar mandi cuma pakai handuk saja. Dirumah ada laki2. Atau seperti ga usah cekakakan depan kamar yg sering bikin elora terbangun kaget. Atau dengan enaknya tiduran di kasur sya. Atau dibeliin makanan trus ga dimakan dengan alasan ga doyan. Atau tiba2 cemilan habis dimakanin semua. Sy yg beli aja blum makan. Udah keburu dihabisin. Masih kecil sih ya.. Masih belum ngerti ttg sopan santun, ttg menghargai org. Hal2 kecil tapi lumayan nguras emosi loh. Pekerja rumah cm bertahan 8 bulan, karena sering kena tegur. Karena bebal sih. Dirumah itu sy dan suami itu tegur halus 3x. Masih bebal? Kita omelin habis. Yg jaga elora masih bertahan sampai elora umur 2 tahun. Sebelum akhirnya dia mulai berulah, tangan elora jadi biru ntah kenapa. Yg ga mungkin banget dia ga tau. Elora itu cengeng jdi ga mungkin biru tanpa teriak atau nangis. Waktu dia pergi baru ketauan kalau selama ini makanan elora dipakein bumbu racik, semua makanannya, dan makanannya kebanyakan dibuang, tapi laporannya bilang habis, atau elora diantepin dia asik tlp an atau nonton. Elora ga pake baju dibiarin. Sebenernya gelagat anehnya udah ada, tapi karena dia sudah lama ikut sya, akhirnya sy ga terlalu curiga. Setahun pertama elora oke loh perkembangannya. Setahun kedua mulai ga naik bb. Kayaknya mungkin tahun kedua itu dia udah mulai bosen ngurus elora, atau sy yg mulai terlalu longgar? Karena percaya? Dan akhirnya sampe ada kesempatan untuk kejadian2 itu?

Kedelapan, itu pengganti prt yg urus rumah. Dapet dari kenalan. Kostumnya dirumah itu pake baju n sarung. Iya. Sarung. Baru seminggu minta pulang alasannya neneknya sakit. N ga balik lagi. Dapet cerita kalau katanya dia anak dukun santet, Dan dia punya pacar yg suka kasih dia perhiasan, kasih motor, pacarnya itu anak org kaya yg punya banyak rumah. Kalau pacarnya kaya n royal sama dia kenapa dia jadi pembokat ya? Orang stres juga emang. Banyak cerita ga masuk akal dan statement yg hari ini beda sama besok. Misal : ngaku blum pernah ke jkt sama sekali. Sampe sumpah2. Lain hari dia bilang ke mall di jkt sama temennya naik bus. Hello? Jadi pas dia minta balik kerumahnya ikhlassss... Gih dah.

Kesembilan, lagi2 nebus di yayasan. Sebulan berhenti. Katanya ga sanggup jaga elora. Karena elora itu anaknya susah adaptasi sama orang. Kalau orangnya ga suka sama dia, dia juga ga bakalan mau sama orang itu. Jadi karena dasarnya emang ga suka elora, ya susah deketin eloranya.

Kesepuluh, cocok sama elora, tapi sebulan juga berhenti. Suaminya tlp marah2 suruh dia pulang. Sampe ngancem milih kerja atau suaminya. Hadeuh...

Kesebelas, yg ada di status fb dulu. Bagi yg belum pernah baca ni sya copy in..
 Balada pembantu baru satu hari kerja :
* bu, ini strika caranya gmn ya? Sy biasa nyetrika pake arang 
* sya ga biasa makan, bu..cm minum aja.. Kenyang(Trus Seharian muntah2)
* diajak ke mall, eh tetiba jongkok dpan mobil.. "Ngapain kmu?" | nunggu ibu
 * elora, ayo makan kita liat kucing mati diluar 
* elora makan dong. Ni liat bantalnya mati kan jadinya
 * di kampung sya tu bu ada yg maling motor trus ya dibunuh aja. Eh keluarganya balas dendam bakar kampung Oke fix!! Kita pulangin ke yayasan besok sepagi mungkin!


Keduabelas, tenaga inval yg gaji seharinya 150rb.. Kerjanya bagus, sayang ga mau pegang anak. Lumayan buat bantu2 rumah pas lebaran ditinggal mudik. Cuma bertahan seminggu gajinya mahal soalnya..

Ketigabelas, yg terakhir sekarang jaga elora. Belum ada cerita. Baru sebulan.

daannnn orang ketiga belas itu kabur dini hari tepat 1 1/2 bulan dia bekerja dan berhasil membujuk art yg satu lagi untuk ikut kabur. dan ternyata dia udah menawarkan diri ke tetangga2 buat minta kerjaan, dengan alasan gajinya tidak dibayar (WHAT!!) dan ga betah urus anak. padahal sy punya kuitansi ttd dia pas terima gaji. dan sy sudah jadi bahan omongan aneh2 di tetangga. terimakasih wahai art yg kabur. fitnahmu sungguh keji.

terakhir keempatbelas, masih bekerja saat ini dirumah. sudah jalan 2 bulan. meskipun pada hari ketiga dia bekerja, dia menghilangkan motor sy. huff... sempet ga pake pembantu dirumah urus 2 bocah dan sy kelimpungan ga sempat mandi dan hanya bisa masak untuk anak2. sedangkan sya makan abon pagi siang malam. karena papanya anak2 sibuk jadi bang toyib yg cm pulang 2 hari dan kerja 6 hari. akhirnya nebus yayasan (lagi) ehhh nasib motor ilang. terimakasih Tuhan... bukan anak yg hilang. 

Akhirnyaaaa... Baru sebagian keciiilll ceritanya. Kalau diceritain detail ulah2 para art itu jadi satu buku sendiri kali.

bingung kenapa sampe sebanyak itu? ntah ya sy jg bingung. hehee... apa standar sy yg ketinggian buat yg jaga anak? atau nasib sya dapet art yg begini semua ya? cuma sy emang orangnya cerewet. bukan hal aneh kan. semua jg tau sya cerewet dan menjurus ke galak. agak galak. ga galak bgt kok. :)

biasa sya kalau mau ambil art itu banyak pertimbangan. Ni sy kasih tips ya buat yg mau ambil art :
- cek fisik kebersihan. Muka, Kuku, rambut
- wawancara itu penting : bangun jam brapa, biasa mandi brapa kali, brapa kali ganti bos, brapa lama kerja, alasan berhenti, lama ikut yayasan, pernah pegang anak ga, punya adik ga, dll- cari sebanyak2nya track record yayasannya
- cek nama calon art di google siapa tau ada kasus
- cari fb nya. Tapi jangan sampe dia tau kita tau fb nya. Buat dikepoin. Biasa segala curhat keluar di fb
- titip ke tetangga buat diawasin
- kali2 bikin inspeksi mendadak ke rumah
- minta art buat nulis semua kegiatan anak hari itu terperinci. Mulai dari makan habis brapa sendok, minum brapa cc, tidur brapa jam, kegiatan mainnya apa aja- cek badan anak tiap hari jika memungkinkan atau minimal seminggu sekali
- buat yg masih baby, biasa pampersnya sya minta dikumpulin, atau popoknya, sama baju bekas makan, dari situ bisa keliatan anak kita kurang minum atau kurang makan. Liat jumlah n pola pup n pipisnya. Botol2 susu dikumpulin jangan dicuci sebelum kita pulang, perhatikan garis botol susu untuk liat susunya tadi habis atau ga.
- cek bb anak tiap bulan. Normal atau gaDan lain2...
dst dst... nah kan sy ribet ya... iya sy akuin sya ribet n cerewet klo soal anak. ga tau bawaannya udah gitu, turunan kayaknya, ortu sy termasuk tipe ortu yg protective bgt soalnya.

kisah ini masih akan berlanjut kali ya.. tapi ga akan berkisah ttg art. karena sekarang sy pake PRT. bukan art lagi. yg ini cuma buat bantuin rumah n nemenin dirumah. karena sekarang akhirnya sy resign dan urus anak dirumah. hahahahaaa.... capenya lebih cape daripada kerja kantor sebenernya. tapi enjoy. ga pake penyakit n ga pake stres. wkwkwkwk.... pelajaran yg diambil? biasa tiap note sya ada pelajarannya ya? yg ini sy cuma lagi curhat.. :D

1 komentar:

  1. Aku salut kamu kuat ngadepin mereka smua hahahahaha :D. Aku termasuk beruntung kalo gt, selalu dpt ART dan baby sitter baik dan lama.. Kmrn yg sblm ini berhenti krn ada alasan yg kita bisa ngerti banget.. Untungnya dpt pengganti dr rekomen tetangga, anaknya memang msh remaja, klahiran 97, tp kerja cekatan.. Bersih, dan ga keberatan samasekali megang anakku yg kedua jg. Makanya aku dobelin gajinya.. Smntara baby sitter yg pegang anak pertama msh blm aku naikin. Krn kerjaan memang lbh bnyk si ART ku.

    Utk bikin mereka betah sih, aku slalu ajakin tiap bulan kita staycation di bandung ato hotel kawasan jakarta.. Setahun sekali traveling, biar mereka jg refresh dr kerjaan.. Aku aja sampe skr g mau resign dr kantor ya krn ga sanggub ama kerjaan rumah tangga mba. Makanya coba ngertiii banget kalo ART dan baby sitterku butuh yg namanya reward lah :)

    Btw, itu art yg sampe fitnah gaji ga dibayar, duuh ga tau trimakasih bgt yaa.. Biar dpt karmanya org begini

    BalasHapus

Template by Rumah Es