Review : Fingerprint test dengan Dermal Pattern Analysis (DPA)



Bulan lalu anak-anak bertiga ikut fingerprint test. Mengenai fingerprint test ini sebenernya sudah saya dengar dari sejak 2011. Jadi ceritanya dulu ada anaknya temen yang ikut fingerprint test ini untuk melihat bakat dan minat belajarnya dan katanya sih akurat. Hasil pembacaannya juga bisa mengetahui tentang karakter mereka. Dan baru terealisasi ikut karena di tempat lesnya anak-anak ternyata ada yang bekerja sebagai konsultan di salah satu lembaga fingerprint test ini.

Fingerprint test itu semacam ramalan garis tangan ya?

Gaaa.. Jadi katanya di usia janin 16 minggu, saat pola neuron otak terbentuk, itu bersamaan dengan pola sidik jari kita. Jadi sidik jari kita itu adalah pemetaan dari pola otak kita sendiri. Kita bisa lihat di bagian otak mana kita paling baik (neuronnya paling berkembang), disitulah kita bisa lihat bakat kita.

Nah sebenernya kalau disangkut pautkan dengan ilmu psikologi agak bertentangan. Karena menurut psikologi, sifat manusia itu ditentukan oleh lingkungan bukan oleh bawaan lahir.

menurut saya (ini menurut saya loh), sifat manusia itu given kok. Pasti ada bawaan, karena misal anak yang lahir, lalu dibesarkan oleh yang bukan orang tua pasti ada bawaan sifat kedua orang tuanya. "gen" nya itu ada. Tapi berkembang atau tidaknya itu tergantung lingkungan.

Misal gini, anak yang aslinya (bawaan lahirnya) tipe yang slow misalnya, gampang merasa tertekan kalau diburu-buru, lalu diasuh oleh seseorang yang suka melakukan sesuatu dengan cepat, anak ini lama-lama mungkin bisa ikut menjadi orang yang suka cepat melakukan sesuatu (karena terlatih, terbiasa melakukan secara cepat ) tapi hatinya apakah merasa nyaman? atau tertekan? ini ada kasus temenku yang begini, emaknya tipe pengen buru-buru, anaknya tipe sloooowww. makin diburu-buru makin dia diam dan ga bisa bikin apa-apa. Belajarnya pun akhirnya ga masuk-masuk. Karena dia ga bisa dipaksa.

Nah, itu pentingnya kita tau ni karakter anak kita sebenernya seperti apa sih, lalu kita kembangkan hal positifnya dan kita coba bantu atasi kelemahannya tanpa membuatnya merasa tertekan.

Dermal Pattern Analysis (DPA)

jadi ceritanya ternyata lembaga yang bisa menganalisis sidik jari ini ada beberapa. Mulai dari ratusan ribu sampai 2 jutaan. Nah cuma yang pakai DPA ini cuma satu di Sun Garden. Bedanya apa sama yang lain? Disini bisa lihat sampai ke kesehatannya juga. Di tempat lain ga ada, setau saya di stiffin juga bisa lihat kesehatan tapi lebih ke analisis dari karakter. Misalnya ni tipe karakter yang seperti ini kecenderungan suka mencoba hal baru, suka makan, jadi analisisnya akan rentan terkena penyakit kolesterol atau diabetes. Atau tipe karakter seperti ini orangnya pemarah ni, sukanya blak-blakan, nah rentan terkena penyakit liver. Semacam itulah. 

Tapi kalau DPA ini emang melihat pola dari sidik jarinya. Jadi sudah ada penelitiannya kalau misal orang dengan pola tertentu itu memang ada bawaan alergi. Atau dengan pola tertentu mempunyai genetik bawaan down syndrome. Kalau ditanya liat darimana, gak akan dikasih tau. Karena itu kan rahasia perusahaanya wkwkwkwk... kalau dikasih tau ga akan ada yang mau test dong baca sendiri aja ya kaann...

saya copas dari webnya ya

Ada banyak perbedaan antara Sungarden (Dermal Patterns Analysis) dengan Analisis sidik jari lain, antara lain: 

1. Analisis Pola Dermal Sungarden adalah satu-satunya berlisensi Analisis Dermal Pattern di Taiwan dan satu-satunya yang menerima hak paten dari Pemerintah Taiwan pada tahun 1990 

2. Pengambilan samplenya tidak hanya dari 10 jari, melainkan 10 jari, telapak tangan dan telapak kaki 

3. Untuk memastikan keakuratan sampel yang diambil, Kami tidak menggunakan scanner / sidik jari mesin scanner. Tapi kita menggunakan roller dan tinta yang memiliki standar internasional, sehingga data yang diperoleh akan terlihat jelas dan akurat. Mesin scanner modern hanya bisa memantau 3 x 2,5 cm dan tidak dapat mengambil kelapa dan mencetak satu-satunya. Dengan menggunakan tinta, kami juga dapat menyesuaikan dengan sifat kulit seseorang, apakah itu tipis, kering dan basah 

4. Kemampuan untuk menganalisis kondisi kesehatan keturunan seseorang dan memberikan saran yang cocok yang menghubungkan antara kondisi, potensi, dan panduan belajar. kondisi kesehatan Keturunan dengan potensi dan pendidikan, seperti: - Alergi, kita menganalisis alergi karena orang yang memiliki alergi biasanya tidak bisa fokus terlalu lama - Kelemahan mata, kita bisa mencegah dan meminimalkan mata minus atau plus sedini mungkin - Ketidakseimbangan hormon, enzim dan kelenjar, orang yang memiliki kelenjar tubuh harus memiliki cukup istirahat karena akan berdampak besar bagi tubuh dan kegiatan - Tulang kelemahan kerangka 

5. Kemampuan untuk menganalisis kapasitas otak seseorang, tidak hanya persentase kinerja otak 

6. Kemampuan untuk menganalisis keterampilan motorik seseorang, kemahiran tangan, dan kecepatan untuk memahami informasi pertama kali 

7. Kami menyediakan sesi konsultasi untuk setiap pelanggan, kita tidak memberikan laporan hanya tetapi kami juga memberikan metode bimbingan dan saran sesuai dengan analisis laporan. Hasil ini diharapkan dapat diterapkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal 

8. Menerima Audio CD rekaman saat konsultasi, sehingga pelanggan dapat mendengarkan jika ada beberapa poin terjawab atau lupa 

9. Garansi Lifetime. Kami masih menyediakan layanan tindak lanjut ke pertanyaan yang mungkin muncul di masa depan

Yang saya suka adalah garansi lifetimenya. Jadi misal anak-anak udah besar mau konsul soal pasangan hidup, soal masalah study, semua deh.. bisa konsultasi free diseluruh negara yang punya cabang sun garden ini. Sun Garden ini Perusahaan dari Taiwan, dan salah satu cabangnya di Indonesia. Misal kita mau konsul di negara lain boleh banget. Tinggal sebut aja ID kita nanti mereka akan buka data kita dan bisa konsul. Karena pusat bank data semua berpusat di satu tempat, di Taiwan.

Hasilnya keluar sekita 3 minggu, hasilnya cukup bikin saya sangat surprise karena ya anak saya emang begitu. Akurat menurut saya sih dan saya mau bagiin hasilnya anak-anak dan apa aja sih yang bisa dilihat dari sidik jari tangan dan kaki ini

* Picky eater dan picky people
els ada pola ini, yang lain ga ada. Els ini emang dari kecil banget pemilih makanan, pemilih orang juga. Sampai besarpun dia milih-milih temen. Ga bagusnya kalau misal belajar, misal dia ga suka sama yang ngajar ya bisa jadi nilainya jelek. Bukan karena gak bisa. Tapi karena ga suka yang ngajar. Jadi nanti diperhatikan ni, juga diajarkan gimana agar bisa menerima yang lain, mengurangi pemilih. 

* Tricky (manipulasi)
Ini juga tergambar di els. Els itu emang kalau punya mau, dia pinter loh mengarahkan kita ke yang dia maksud tanpa ngasih tau. Bahasa gaulnya modus. Banyak ide, kreatif, bagus dalam problem solving. Hahaha.. Dia punya segala macam cara biar dapet yang dia mau, tanpa kita sadari kita terbawa. Karena dia tau kalau dia minta langsung, kemungkinan ga dikasih. Ni bagus ni kalau jadi marketing wkwkwkwk contoh profesi yang paling tricky itu misal pesulap. 

* Alergi
yang punya alergi ini els dan Thal. Alergi apanya sih ga bisa keliatan, tapi pola mereka ada pola alergi. Elora sih kayaknya alergi dingin, dia sering batuk kalau udara dingin. Thal udah keliatan dari bayi kulitnya sering ruam. Next sepertinya anak-anak harus cek alergi biar tau tepatnya mereka alergi apa.

* Body Glands
yang ada Body Glands ini els dan Allen. Body Glands ini adalah kelainan pada kelenjar tiroid, pankreas, trus apa lagi gitu lupa dah. Orang dengan body glands, gak bisa kena panas. Els sama Allen itu tiap udara panas, kepalanya pusing (saya banget) tampaknya nurun dari emaknya ni. Keringat berlebih, pencernaan bermasalah (els banget dari kecil suka konstipasi) sangat butuh tidur yang banyak banget. Buat kami tidur itu kebutuhan yang hakiki. Ga bisa tidur kurang dari 8 jam sehari. Lalu gimana? diperhatikan asupan makanan, diet, healthy lifestyle, wajib olahraga buat buang keringat dan perbanyak suplemen.

* Simian crease
pola sidik jari anak-anak itu kebanyakan arch. Orang dengan pola arch lebih dari 5, tidak diperbolehkan menikah dengan yang punya garis tangan lurus (simian crease) karena kemungkinan mempunyai anak dengan down syndrome. Ini udah ada penelitiannya katanya. Jadi karena orang dengan arch itu sel neuronnya tak terbatas, lalu simian crease juga sama. Saya berusaha mencari penelitiannya tapi tampaknya belum ada banyak dipublikasikan di internet. Tapi memang orang dengan down syndrome pasti mempunyai garis simian ini. Tapi orang dengan simian belum tentu down syndrome ya.. 

* Sense of touch
Allen lemah disini. Jadi koordinasi tangan dan otak dia agak kurang. Makanya dia agak slow motion (kurang cekatan). Misal ni dia liat adiknya jatuh, dia akan liat doang sambil bilang "maa.. thalia jatuh" kalau els langsung gerak angkat thalia. Kalau allen cuma liatin doang tanpa bergerak. Nah, untuk melatih motoriknya, makanya dikasih aktifitas yang bisa bantu dia untuk belajar sinkron tangan dan otaknya misal les drum.

* sensitif to colour
kalau ini bagian Els. Mata els ini sensitif terhadap warna. dia suka warna-warna yang gojreng dan mencolok. Warna hitam bisa membuat dia bete. Tapi emang bener loh, dari dulu dia paling ga mau dikasih baju warna gelap. Ga bakalan dia pake, dia pakenya yang mencolok mata warnanya. Nah sensitif terhadap warna ini bisa membantu dia belajar. Waktu belajar, kasih aja bukunya stabilo gojreng. Dijamin dia akan cepat masuk belajarnya.

* Kecepatan dalam menyerap sesuatu
Els punya daya serap cepat, Allen lambat, Thal ada di range normal. Els itu harus belajar sabar, karena dia suka apa-apa cepat, dia menyerapnya cepat dan ga suka kalau lambat. Jadi inget cerita guru kelasnya, jadi tiap disuruh mengerjakan sesuatu dia pasti selesai duluan, dan kalau udah selesai dia bete. Akhirnya tiap ada kerjaan apa, gurunya nyiapin 2 tugas buat dia khusus. Biar selesainya bersamaan dengan temannya yang cuma dikasih 1 tugas. Kalau Allen malah kebalikannya, gurunya sering protes karena bahkan mengelem aja dia lamaaaa banget. Temennya udah selesai dia masih ngelem kertasnya, bahkan belom menempel. wkwkwkwkwk
Nah buat Allen, harus dilatih ni, misal dalam belajarpun dia harus pake sistem 21 hari pengulangan tanpa jeda, dan dia perlu pemanasan, untuk segala sesuatu harus dipersiapkan dari jauh-jauh hari. misal ni mau tampil, bisa tu menjelang tampil dia mogok gak mau, nah jadi dari jauh-jauh hari harus udah sounding dulu pemanasannya lama, jadi pas saat tampil dia udah siap. Sedangkan kalau els dibatasi belajarnya max 40 menit. Karena dia cepat menyerap, dan cepat bosan. Jeleknya dia cepat lupa, jadi harus diulang-ulang dalam belajar.

* Bakat
setiap jari berhubungan dengan salah satu bagian otak. Misal untuk jari jempol, berhubungan dengan bagian otak depan yang mengatur hal manajemen, kepemimpinan, kalau dalam hal pelajaran misalnya matematika kemampuan berpikir logis, dll. Nah jadi bisa dilihat nanti setiap anak bakatnya dimana, ada yang bisa diukur jumlah sel saraf otaknya (tipe sidik jari loop dan whorl) tapi ada juga yang mempunyai sel saraf tak terbatas (misal sidik jari tipe arch), anak-anak tipe archnya ada banyak ni, seperti elora punya 8 arch, allen 4 arch, dan thal 6 arch. Jadi sel saraf mereka tak terbatas, bisa jadi super genius kalau dikasih treatment dan dikembangkan atau malah bisa jadi gak bisa apa-apa karena ga ada treatment. Jadi ada kasus anak yang archnya banyak, tapi idiot, karena ibunya gak pernah ngajarin apa-apa. karena sudah kebanyakan anak, jadi anak yang satu ini bener-bener gak bisa apa-apa padahal usianya 16 thn. Kalau dari kecil, ibunya tau anaknya tipe arch, dan diberi treatment dan dikembangkan padahal bisa banget anaknya jadi genius. Karena tipe arch itu selnya terus terbentuk sesuai dengan treatment yang dikasih. Gak dikasih treatment ya ga terbentuk apa-apa. 

Untuk tipe loop dan whorl, bisa dihitung berapa kapasitas otaknya. misal seperti Allen itu untuk jari kelingking dan jari manisnya nilainya cukup tinggi, berhubungan dengan mata dan telinga. Maka dia akan sangat bagus dalam melihat dan mendengar. Artinya kalau belajar, dia lebih mudah belajar dengan grafik, tabel, bentuk, sesuatu yang dilihat. Kalau mau bicara sama Allen, biar dia lebih cepat mendengar, face to face ngomongnya. Kalau ga gitu, dijamin dia cuma denger sepintas lalu dan lupa. Juga dari pendengaran. suruh dia mengulang pakai suara. itu akan lebih cepat masuk ke otaknya saat dia denger suaranya sendiri. Allen ini jago menghapal dialog film loh. dia bisa mengulangi dialog di suatu film tanpa salah wkwkwkwk

Atau untuk yang bakat di bidang imaginasi, dari kecil kasih cerita-cerita yang penuh imaginasi seperti Harry potter jadi mereka bisa makin kreatif, diasah dari kecil.

* bidang pekerjaan
dari tipe kakinya akan terlihat cocoknya dilapangan atau belakang meja. Kayak Allen tipe kakinya gampang lelah, jadi dia cocoknya di belakang meja. Beda dengan Thal yang kakinya kuat, cocok kerja lapangan, dan keliatan dia emang lebih pecicilan dari kecil wkwkwkwk. Cuma disambungkan juga dengan bakatnya dimana. 

Jadi masih banyak lagi sih yang dibacain dari analisis mereka, hasilnya itu ada di 1 buku gitu komplit dengan angka-angkanya. Cuma secara garis besar, seperti itu. Banyak banget kan. Dan itu bisa bantu untuk pola belajar dan pola asuh mereka.

Sejauh ini saya puas dengan hasilnya, dikasih saran-saran juga gimana cara menghadapi anak dengan karakter seperti ini, atau gimana sih pola asuh yang bener sesuai karakternya. Karena ada yang emang harus dikerasin baru dia mau gerak, ada yang dikerasin malah makin keras, harus dengan lembut, kayak gitu-gitu. ini 3 anak semua beda hasilnya loh, beda karakternya, beda juga treatmentnya haha

Sayangnya sepertinya sun garden ini cuma ada di wilayah Tangerang, dan kalau mau tes harus menghubungi kantornya dan nanya konselor mana yang bisa janjian. Buat yang perlu nanti bisa tanya saya untuk nomer konselornya. 

Happy parenting yaaaa...




Comments

Postingan terpopuler

Mesin Jahit Portable Mini S2 bermasalah? Perbaiki sendiri yuk

[Review] Laneige Water Bank series ~ Trial Kit

Resign dari PNS