PPD, Bipolar, Anxiety Disorders, dan Hypnotherapy

Malam ini saya mau bercerita.. cerita serius.. so, kalau kamu lagi gak pengen denger eh baca cerita serius skip saja karena ini agak panjang. 

Sebenarnya saya agak malas untuk membahas ini, karena saya tau kebanyakan orang terkadang banyakan keponya pengen tau masalah orang lain tapi sebenarnya bukan karena peduli. Cuma saya ingin sharing disini.

um.. mulai dari mana ya..

Beberapa minggu kemaren bukan waktu terbaik saya. Untuk sebagian kecil orang yang suka memperhatikan sosial media saya mungkin tetap menyangka saya baik-baik saja. Saya sebenarnya orang yang tertutup, tapi penampakan luarnya periang dan supel. Bahasa kerennya itu ambivert. Silahkan googling untuk tau lebih jelas ya. Dan mungkin ini pertama kali saya akan membahas mengenai apa yang akan saya tulis disini.

Dimulai 2014 satu tahun sejak Allen (anak kedua) saya lahir, dan saya mengalami Post Partum Depression (PPD). Sampai sedalam apa tidak akan saya tulis disini. Dengan mengingatnya saja sudah cukup membuat hati saya tersayat. Masa-masa itu biarlah sudah berlalu. Lagi silahkan googling mengenai PPD dan gejalanya. Dibilang sampai parah, iya parah. Nobody knows. Yang tau hanya saya dan suami. Belakangan ini saya mulai bercerita kepada beberapa orang teman mengenai kisah dulu (sudah lewat). Ke psikolog? ya saya pernah menghubungi psikolog dan konsultan, tapi ntah kenapa saya tidak bisa terbuka kepada mereka. Lagi-lagi mungkin karena ada bagian introvert.

Beruntung saya punya suami yang sangat membantu saya melewati masa-masa itu, semua berjalan baik akhirnya.. sampai beberapa minggu kemaren..

Ntah mungkin akumulasi kelelahan yang sudah pada puncaknya, penat mengurus ketiga anak  dan rumah sendirian tanpa ada teman untuk berbagi cerita (susah sih ya kalau sudah punya keluarga masing-masing mau gangguin temen buat curhat pun terasa sungkan), kepala bawah, tengkuk sampai punggung saya kaku, jantung saya sering berdebar-debar, sesak nafas, mual. Periksa ke dokter EKG ada aritmia jantung tapi masih taraf normal artinya tidak diperlukan obat untuk sementara.

Anehnya semua gejala itu hilang kalau suami pulang, dan kumat kembali kalau suami pergi dinas. Terutama kalau sedang menyetir, itu tiap sebelum berangkat perut sudah sakit, kepala migren, dan jantung berdebar2, masuk mobil sesak nafas dan mual. Sampai di tempat tujuan ketemu orang-orang  lalu ngobrol sudah biasa lagi. Disitu saya merasa tampaknya saya mengalami anxiety disorders. 

Emosi mulai tidak terkontrol, rasanya seperti ada yang meledak-ledak, meluap tak tertahankan. Tapi bisa dalam hitungan menit turun kembali. dan itu berulang setiap hari. Ada yang tau itu kenapa? Yak, itu bipolar. Silahkan googling semua istilah itu. Hahaha.. serius saya malas bahasnya disini.

Semua menjadi tidak enak dan tidak terkontrol. Pikiran-pikiran negatif dan aneh-aneh mulai sering bermunculan. Semakin sering dan akhirnya saya putuskan, oke saya butuh bantuan profesional. Psikolog? Psikiater? Terus terang saya pesimis, mengingat saya tidak mudah untuk bercerita kepada orang lain.  Sampai disini pasti ada keheranan "susah cerita? tapi postingan sosmedmu kebanyakan cerita loh" Ya saya suka cerita, semua saya ceritakan KECUALI sisi yang ini. Sekian tahun yang tau ya cuma suami saya itu doang. 

See, gampang branding image sesuai yang kita mau. Padahal kenyataannya tidak seperti itu. Jangan pernah percaya sepenuhnya pada image di sosmed guys.

Pilihan jatuh pada hypnotherapy. Tadinya saya pikir hipnosis itu seperti yang di tipi2. tapi ternyata itu adalah hal yang jauh berbeda. Hipnosis sendiri ada 2 jenis, ada west coast dan east coast. perbedaannya adalah east coast menekankan kepada sugesti dan afirmasi positif. Sedangkan aliran west coast menekankan kepada akar masalah lalu baru diperbaiki (halah barang kali diperbaiki). 

Hypnotherapy sendiri dilakukan saat orang dalam keadaan sadar dan sepenuhnya tau apa yang terjadi selama hipnosis. Ada hypnotherapy yang terkenal yaitu Adi W Gunawan yang sudah mempunyai banyak therapist di seluruh indonesia. Therapist yang saya datangi (kebetulan juga berprofesi sebagai dokter) adalah trainer dari institute Adi W Gunawan. Mereka aliran west coast. Kebanyakan hypno aliran east coast. Terkadang sugesti dan afirmasi saja tidak cukup kalau bagian alam bawah sadar kita masih bermasalah.

Proses hypnotherapy sendiri 3 jam untuk 1 sesi. Dan dalam 1 sesi itu kita memilih hal apa yang ingin kita terapi. Dilihat apakah ada trauma masa kecil, trauma dalam hubungan dengan orang lain, dan sebagainya yang bisa menjadi akar masalah sebenarnya yang menimbulkan energi negatif itu.

Setelah akar masalahnya ditemukan, akan diberikan terapi, dan cara untuk mengatasi jika itu muncul kembali. misal, mengenai mudah emosi yang meluap-luap. Setelah diketahui akar masalah yang sebenarnya, kita dihadapkan pada situasi dimana kita harus berdamai dengan masalah itu. Setelah itu, maka dibuat recreate memory. Memori yang lama itu dibuat ulang di alam bawah sadar, akan menggantikan memori lama yang menjadi masalah itu. Jadi seperti pemulihan memori dan emosi yang dibawanya. Begitulah intinya.

Ngefek? Sejauh ini pikiran negatif dan aneh-aneh sudah tidak pernah muncul lagi. Emosi masih ada tapi tidak sampai meluap-luap. Kata therapistnya kalau masih ada rasa kesel, itu berarti masih ada energi negatifnya. "Lah saya manusia apa ndak boleh kesel,dok?" tanya saya. Lalu diberikan tips self hypno, jadi setiap emosi itu muncul sekecil apapun lakukan self hypno. Ada stepnya panjang, saya gak tulis disini ya yang mau tau bisa japri aja.

Jadi, teman... beberapa dari kalian ada yang mungkin mengalami ini, merasa malu, merasa kecil dan tidak berharga karena kondisimu, saya cuma mau bilang bahwa kamu tidak sendirian. Jika kamu merasa situasimu sudah cukup membuat sekelilingmu tidak nyaman bahkan tidak AMAN, plis carilah pertolongan dari profesional. Bukan hal yang mudah mengakui bahwa kita "sakit", tapi sakit ini harus diobati teman... Jangan dibiarkan sebelum sakitnya meluas dan mengambil semua yang kamu punya. 

Karena kita berhak bahagia


Comments

Popular posts from this blog

Mesin Jahit Portable Mini S2 bermasalah? Perbaiki sendiri yuk

[Review] Laneige Water Bank series ~ Trial Kit

Resign dari PNS