Jumat, 15 September 2017

Liburan (Rempong) Bersama Tiga Balita ~ Itinerary Bali 5D 4N (Hari 1)



Setelah sukses travelling bersama tiga balita (usia 5y, 3y, 1y) di dalam kota dan luar kota nyengsol dikit alias masih perjalanan darat, minggu lalu kami naik level dikit ni melakukan travelling antar pulau via perjalanan udara. Kemana? BALI! Yeay!!

Saya happy banget karena dari dulu pengen banget ke Bali, turis-turis udah pada kesana dan saya belom pernah kesana. So, setelah cuti disetujui yes kami planning untuk travelling explore Bali selama 5 hari 4 malam. Tiket sudah ditangan, sudah booking hotel dari 2 minggu sebelumnya dan kami siap banget untuk berangkat.

Malam sebelum keberangkatan, anak-anak diusahakan makan malam dengan kenyang dan tidur lebih awal biar saat bangun mereka fresh. Siapkan cemilan untuk dipesawat saat landing dan take off menghindari  rasa tidak nyaman di telinga. Sebenernya agak deg-deg an karena ini pertama kalinya anak-anak naik pesawat. Sudah menyiapkan earmuff juga dan jaket karena didalam pesawat itu dingin. 

Untuk barang bawaan kami sengaja hanya membawa 1 koper untuk pakaian anak-anak (ukuran 22) dan 1 koper kecil ukuran kabin (ukuran 16) untuk pakaian orang tua dan 1 ransel yang dibawa suami dan saya bawa tas tangan. Sudah itu aja 😊 Kami sengaja tidak membawa barang-barang yang sekiranya bisa dibeli ditempat tujuan seperti sabun-sabun, diaper, dan peralatan lain yang bisa sekali habis itu semua saya beli di tempat tujuan. Untuk pakaian saya hanya bawa untuk 3 hari saja. Karena pasti belanja baju dong, Nah yang 2 harinya bisa pakai baju yang baru dibeli nanti disana. Juga tak lupa saya bawa tas jinjing yang bisa dilipat yang kalau dibuka bisa menjadi besar itu loh semacam travel bag. buat tempat oleh-oleh dan barang tak terduga lainnya.



Kami sengaja ambil tiket pagi-pagi pukul 09.00 pertimbangannya :
- biar sempet sarapan dulu. Perut yang terisi baik itu modal utama untuk jalan-jalan dengan nyaman.
- Masih ada waktu untuk istirahat dan jalan-jalan begitu sampai disana. Jadi tidak buang waktu sayang hotelnya mahal hahaha

Begitu pesawat take off, mereka sudah sibuk nyemil sembari melihat pemandangan dari jendela pesawat. Ternyata mereka senang dan antusias sekali dan selalu bertanya "Ma, kok pesawatnya lama banget gak terbang-terbang" 
"Ma, ini belum terbang?"
"Ma, kok cuma mundur doang pesawatnya"
"Ma, ini lagi mau terbang ya?"
dan seterusnya seterusnya.. take off mereka cengengesan mungkin kerasa seperti lagi naik odong-odong. Gak lama kemudian mereka sudah tertidur pulas karena bangun kepagian. Landing pun tidak ada kendala. Syukurlah.. 

Itinerary hari pertama sebenarnya adalah :
- Dari Bandara lanjut ke Bali Safari dan Marine Park
- Makan siang didalam Bali Safari ( White Lion Restaurant)
- Menonton pertunjukan Bale Agung
- Pulang dan makan malam di Jimbaran (Menega Restaurant)

dan.. semua diatas dicoret 😂

Sampai di Bali sekitar pukul 12.00. Kami sudah menyewa mobil, ini dapat kontak di IG. Sengaja mencari mobil lepas kunci. Dapet harga 300.000 IDR/ 24 jam jenis xenia. Kenapa gak pake supir?
- Pertimbangan kami sendiri sudah 5 orang dengan anak-anak yang hobinya tiduran di mobil. Mereka akan sangat tidak nyaman kalau harus duduk sepanjang jalan. Dengan tambahan supir jelas saya harus dibelakang bersama bayi dan membuat ruang gerak anak-anak terbatas
- Kalau pakai supir memang sih sudah all in tapi ya masa sih kita gak kasih makan, minum. atau ngajak ngobrol. Padahal kondisi kita mau menikmati acara keluarga tanpa mengobrol dengan orang lain.
- perlu tour guide? Baca google aja dah.. 
- Lokasi ada waze yang setia menemani
- lebih bebas aja sih, lebih gak terburu-buru karena bawa anak-anak itu ya ngikutin moodnya anak-anak. Waktunya tidur mereka tidur, waktunya makan ya harus makan, waktunya cape ya istirahat. Sekali mood mereka rusak yasalam deh bukan liburan lagi namanya 😅

Hari pertama sebenernya tadinya rencananya mau ke Bali Safari dan Marine Park. Begitu sampai bandara kami langsung ke Mall untuk makan siang dan membeli perlengkapan yang diperlukan. Untungnya hotel kami itu depannya mall dan ada hypermart. Sampe di hotel ternyata sudah jam 15.00 kelamaan keliling mall hahahaha. Mau ke Safari tapi ternyata perjalanan dari hotel ke Safari itu sekitar 2 jam duh bakal pulang malem dan gak puas banget ya. Akhirnya kami skip deh dan istirahat di hotel aja. Ya gini sih terkadang planningnya apa, kenyataannya apa. Yang penting tetap happy semuanya. Makan malam kami pesan GoFood menu "Ayam Betutu" yang terkenal dan mempunyai banyak cabang di Bali.

Untuk hotel kami sengaja pilih hotel yang ada di Kuta, selain agar dekat dengan bandara dan dekat dengan pantainya (Ke Bali kan wajib ke pantai kan?) juga karena lebih banyak fasilitas terdekat maksudnya mudah mencari apapun. Untuk kamarnya kami pilih family room karena kami ber-5 dan meski ada sofa ya masa sih sang pengumpul uang dan donatur travelling sekaligus supir alias suami tidur di sofa 😁 kami mau semua tidur dengan nyaman. Pilihan hotel jatuh pada Mega Boutique Hotel dan Spa untuk tipe family room yang guede banget kamarnya kena di harga 3.6 juta untuk 4 malam. 

Review Hotel terpisah ya

Untuk liburan bawa anak-anak kayak gini saya gak terlalu banyak ngoyo harus ini harus itu, harus pagi-pagi berangkat, harus kesemua tempat, yang penting adalah mereka makan cukup, tidur cukup, dan bahagia. Apalah artinya liburan kalau mereka harus mengikuti keinginan orangtuanya kan, karena kami ingin anak-anak punya kenangan indah mengenai liburan. Yang terpenting adalah kebersamaan. Iya to?

Lanjut hari kedua next postingan.. Disini

ps : ini bukan tips travelling irit tapi yang jelas akan nyaman dan happy untuk balita dan keluarga

1 komentar:

  1. Seru dan rempong ya, Mak. Tp travelling sama anak jg ngangenin lho

    BalasHapus

Template by Rumah Es