Rabu, 31 Mei 2017

Circle of Kindness


Dulu saya pernah menulis tentang suami saya yg heran kenapa saya bisa punya (tidak sangat) banyak teman akrab padahal kenal online dan belum pernah bertemu langsung. Dan akhir-akhir ini ditambah dengan "kok temenmu pada baik sih suka ngasih ngasih?" 😄 karena beberapa hari mendapat kiriman gratisan dari teman2 yg gak pernah ketemu atau tadinya hanya sekedar "tau" tapi gak akrab.
You know, ada banyak hal yang sebenarnya bisa kita syukuri. Salah satunya adalah bisa kenal dan bertemu dengan orang baik. Mungkin orang baik itu hanya selintas berpapasan dengan kita waktu di jalan, atau ada juga yang menjadi bagian dari hidup kita untuk beberapa waktu. Tapi sungguh itu adalah suatu berkat. 
Sewaktu els lahir, sebagai ibu baru dan masih kaget dan perlu beradaptasi dengan "jam" hidup yang baru, tiba2 saja ada seorang teman (kakak kelas pas sma padahal dulu juga jarang ngobrol) yang juga baru melahirkan dan anak kami beda 4 bln saja. Setiap jam menyusui di tengah malam kami bbm-an, meski sekedar haha hihi agar tidak mengantuk saat menyusui. Dan obrolan ngalor ngidul itulah yang memberi saya semangat waktu sendirian dirumah saat suami dinas.
Sewaktu allen lahir, dengan tekad harus bisa menyusui langsung, ada dokter anak sekaligus konselor laktasi yang rela diganggu hampir setiap hari demi mengajarkan cara menyusui dan membantu segala permasalahan menyusui yang rupa-rupa sakitnya itu, sampai bantu mengurut PD waktu bengkak parah. Dan ya Allen lulus asi 2 thn berkat itu. 
Dan sekarang semakin banyak orang baik yang ada disekeliling saya..
Orang tua murid yang selalu sms bertanya "hari ini els ga sekolah lagi?" ngabarin hari ini ada PR apa, pengumuman apa. Padahal kami cm bertemu pas bagi rapot dan hampir gak pernah ngobrol sebenarnya. Tapi baik sekali dia selalu berkabar ttg sekolah.
Tetangga jauh yang sering berkirim makanan dan bertanya "mba, mau ini ga? Ntar ak kirim kerumah ya. Atau kirim gojek aja kesini"
Dokter anak yang jam 9 malam pun masih mau balas wa karena ditanya tentang muka allen yang tiba2 bengkak2 atau waktu anak2 ada kondisi gawat dan diberi tau tentang penanganan pertamanya. Terkadang kalau periksa els dan allen, thal juga ikut diperiksa for free (hanya untuk cek kalau belum tertular kakaknya). 
Perawat di RS yang gak hanya membantu mengajarkan cara menyusui tapi mendengarkan curhatan tanpa terburu2 waktu. Konseling laktasi bisa berjam-jam dan beliau masih dengan sabar mendengarkan cerita.
Lagi2 ada beberapa teman sama2 baru melahirkan yang membantu saya melewati fase2 melelahkan dan fase depresi pasca melahirkan padahal hanya berbicara hal ringan2 saja tapi sungguh sangat membantu memulihkan semangat.
Juga berkenalan dengan teman yang kebetulan sama2 punya anak 3, dan anak ketiganya lahir berbarengan dengan thal. Bisa sharing dan ngobrol di wa ngalor ngidul menunggu suami2 pulang sambil menertawakan mpasi anak2 yang mulai menyimpang dari aturan hhbf 😂
Teman satu kesamaan minat yang tiba2 bilang "mau? Aku kirim ya" atau teman olshop "itu sekalian aku kirim bonus ya" kalau yg ini sering banget 😄
Driver online yang sopan dan gak bawel untuk nganterin jauh2 dengan tarif yang you know lah.
Kurir jne yang agak jauh tapi bersedia pickup kerumah meski cuma 1 paket disaat jne yang dekat rumah malah memberlakukan syarat pick up min 20 paket.
Dulu saya pernah nyasar salah naik angkot pas di jayapura dan akhirnya supir angkot malah putar balik hanya untuk antar saya kembali ke tempat semula katanya biar saya ga makin nyasar. Begitu saya cerita ke alm.ibu mertua dan ibu cuma bilang "itulah orang baik itu pasti bertemu orang baik juga" dan ya rantai kebaikan itu tidak akan pernah putus. Saat kita berbuat baik, pasti kita juga akan menerima kebaikan mungkin bukan dari orang yg sama, tapi dari orang lain. 
Sama seperti ada yang pernah berkata kepada saya "gak apa-apa. Jangan sungkan. Nanti balasnya ke orang lain aja biar rantai kebaikannya tidak putus"
Selamat berbuat baik ya 😊

1 komentar:

  1. Setuju dgn ini.. Aku termasuk yg percaya karma.. Apa yg kita tabur, itulah yg dituai.. Makanya, papa slalu ingetin ke kita, anak2nya, ttp lah baik dan menolong org lain.. Jgn prnh harapkan imbalan.. Biar semuanya Tuhan yg membalas, ato melalui tangan orang lain :)

    BalasHapus

Template by Rumah Es