Minggu, 05 Februari 2017

Wadah makan dan minummu sehat tidak?

Dulu jaman saya masih "muda" rasanya semua tempat penyimpanan itu sama saja. Terbuat dari bahan plastik dan bisa dipakai berulang kali. Contohnya botol air mineral biasa saya pakai berkali-kali.  Lah wong diajarin dirumah buat irit, sepanjang yang saya ingat gak pernah tuh saya bawa bekal tempat minum. Biasanya ya beli air mineral botolnya dicuci trus dipakai berulang kali sampai kira-kira agak buluk gitu baru ganti lagi hahaha.

Sejak punya anak, nambah pengetahuan kalau ternyata ada berbagai jenis plastik loh. Ada yang aman untuk dipakai berulang kali tapi ada juga yang hanya bisa dipakai sekali saja. Taunya dari mana? dari kode di plastiknya. Semacam lambang segitiga dengan angka didalamnya. Biasanya berkisar dari 1-7. Wadah yang aman untuk dipakai berulang kali dan paling baik dan biasa dipakai untuk makanan  berkode 5. Standar wadah untuk makanan yang baik adalah "food grade". Biasa ditandai dengan lambang sendok garpu. Wadah yang baik harus BPA Free (Wadah yang mengandung BPA akan memberi dampak buruk pada kesehatan otak dan pemicu kanker), biasa tertulis di wadah dengan tulisan aja "BPA Free". 

Dan sejak itu setiap saya membeli wadah baru maka 3 lambang itu akan menjadi syarat utama. Food Grade,  BPA Free, dan kode PP5.

Lalu, mulailah pengetahuan baru lagi, sejak saya membeli microwave ternyata ada beberapa plastik yang tidak direkomendasikan untuk microwave dan freezer. Jadi perlu wadah plastik yang memang khusus untuk microwave atau freezer. Lambang kotak dengan gelombang untuk microwave dan gambar bunga salju untuk wadah yang untuk freezer. Nah pernah ni saya kan punya piring melamine biru dibelakangnya sih ada tulisan aman sampai 120℃ trus saya pakailah di microwave untuk manasin ikan, dan akhirnya warna biru melamine dibawah ikan menjadi putih dan sekarang saya punya piring melamine biru dengan corak putih berbentuk ekor ikan 😂 dan sejak saat itu saya betul-betul memperhatikan lambang jangan sampai lambang hanya sekedar lambang saja.

Bahkan wadah terkenal seperti Tupperware pun tidak semua jenisnya bisa untuk microwave dan freezer setebal apapun wadah itu, kecuali ada lambangnya.



Lalu, saya melihat iklan di sosmed. Racun bener emang ni iklan, tampilannya menggoda banget. Wadah microwave dan freezer safe tapi dengan harga yang miring. Gak semahal harga merk terkenal itu lah. Dan saya beli trial kit nya. Kok ga beli yg biasa aja? Saya emang pengen liat dulu contohnya. Kalau bagus kan bisa sekalian dijualin gitu *otakbisnis

Pas sampai yang dikirim ada 3 jenis. Satu wadah saji, satu kontainer kecil, dan satu botol untuk infused water.



Ternyata dibuat oleh Green leaf
Ini loh lambangnya
Penguncinya tanpa karet tapi kedap udara



ini sepertinya buat gantungin botol
ini keren mewah banget
Dan saya puassss..... bisa dapat produk bagus dengan harga ramah kantong. Ssstt ini produk Indonesia loh, katanya mereka kerjasama dengan pembuat plastik seperti Green leaf dan Lion Star so bahannya sudah pasti terjamin dong kualitasnya. Minat kepoin katalognya atau cuma mau tanya2 juga boleh banget bisa japri atau tinggalkan pesan dibawah yaaa..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Template by Rumah Es