Selasa, 08 November 2016

Siap Melahirkan? siapin yukk..Jangan kalap belanja Perlengkapan bayi yaaa..

Hai Mommy to be.. udah menjelang due date? udah mulai belanja perlengkapan bayi? liat perlengkapan bayi tu rasanya pengen dibeli semua ya. apalagi yg udah tau bakal punya baby cewek. ughhh itu baju kok lucu2 amat yaaa.. topinyaa...sepatunya... belom baju renda2 ala ala shabby chic yang komplit plus bandana senada. rasanya pengen beli 7 jenis buat dipake gantian dari senin sampai minggu hahaa..

Pengalaman anak pertama, saya ke toko di ITC Kuningan yg ternyata agak komplit, ditambah mba mba SPG yg pinter banget ngerayu dan nunjukkin semua jenis perlengkapan bayi dan akhirnya saya beli semuanya. iya semuanya!! dari mulai yg penting kayak baju n popok sampe yg ga penting kayak mainan kricik2. dan berujung barang2 itu kebanyakan numpuk di gudang ga kepake dan akhirnya masuk OLX tak jual2in.

anak kedua agak insaf udah tau mana2 yg perlu dibeli, mana yg bisa pake bekas kakaknya. anak ketiga? boro2 saya belanja aja pas udah mau lahiran. itu aja cuma yg urgent. wkwkwkwk keliatan kan saya makin bijak aka pintar ngirit uang :p

sebulan sebelum melahirkan saat sudah masuk 8 bulan mulai deh packing2 buat di RS ya. kita ga pernah tau baby mau keluar kapan. sekedar jaga2 kalau dia udah ga sabar keluar ketemu papa mamanya. nah buat ke RS ga usah bawa banyak2 kayak mau pindahan. biasanya di RS disediain baju2 bayi dan perkapnya. jadi yg dibawa cukup perlengkapan mamanya aja :
- baju tidur mama berkancing depan 3 stel
- celana dalam dan bra menyusui (saya lebih suka bra sport yg bahan spandek yg tinggal tarik sret kebawah dibanding bra menyusui)
- sarung atau kain panjang mama
- sandal jepit
- baju pulang mama dari RS
- baju pulang bayi dari RS berikut topi, bedong, kaos kaki dan tangan
- perkap mandi n perkap lenong mama. ini penting kalau ada yg mau jenguk ke RS setidaknya kita fresh meski cuma pake bedak n lipgloss
- pembalut dan plastik untuk buang pembalut. RS biasanya menyediakan tapi yg modelnya gitu deh plus yg merk gitu deh
- korset 2 (ini berguna biar perut ga kayak goyang2 karena bergelambir hehehe)
- dokumen2
- pompa asi. ini wajib bawa. karena saat asi baru pertama keluar kadang PD kita akan sakit banget cenderung bengkak dan wajib dipompa.
- perkap suami (baju ganti, selimut, handuk, sikat gigi, celana dalam) ini penting karena biasanya suami ga bakal bisa pulang dan pasti jaga di RS
- cemilan yg banyak plus susu atau sari kacang hijau. habis melahirkan pasti laper n kita perlu kalori yg banyak buat nyusuin dan sari kacang hijau bagus buat memperlancar asi

Sekarang perlengkapan bayi apa aja yg perlu dibeli dan belom perlu dibeli atau tidak perlu dibeli :
Pakaian 
-1/2 lusin stelan baju panjang + celana panjang (ini saya beli ukuran 3 bln (S) langsung. gapapa besar dikit bisa dilipet2 dulu. jadi bisa kepake sampe umurnya 5 bulan. selanjutnya kalau beli lagi ukuran L langsung. kenapa ga L langsung? gedenya kebangetan kakaaaaa)
-1/2 lusin stelan tangan pendek dan celana pendek (ukuran S)
-1 lusin atasan tanpa lengan   (ga tau kenapa ga suka aja pakein kutungan gitu ke bayi)
-4 pasang sarung tangan + sarung kaki
-2 buah kaos kaki/1 sepatu bayi
-1 jaket
-1 topi bayi
-1/2 lusin singlet  (dari anak pertama ga ada yg pake singlet *tutupmuka* kasian aja anak2 keringetan pake singlet)
-2 lusin popok kain (popok kain ini sebenernya sehari bisa ganti 6x lebih dan kepake banget di sebulan pertama. Kalau ada yg jaga bayi khusus misal pas kita kerja, sebaiknya siang pake popok aja malam baru pake diaper. nah cuma sejak anak ketiga ini saya agak repot kalau bayi bangun2 terus begitu pipis n pup karena sya jadi ga bisa ngapa2in sodara2. kakak2nya ga keurus. jadi sejak umur 2 bulan thalia (the baby) pake diaper sepanjang hari hahaha dia tidur nyenyak dan mamanya bisa punya waktu buat ngurusin semuanya)
- 1 lusin bedong (ni bedong sebenernya kepakenya paling 2 minggu aja haha anak2 saya ga ad yg betah pake bedong. tapi emang perlu agak banyak karena pasti kena ompol mulu dan kalau masih sebulan pertama bayi lebih nyaman kalau dibedong)
--3 buah alas dada/bib (saya biasanya pake popoknya buat alas kalau minum ASIP)
-1/2 lusin sapu tangan handuk (washcloth)
- Baju buat pergi keluar. beli ukuran new born 2 pcs, ukuran 6 bulan 2 pcs. udah itu aja cukup. soalnya kalau buat pergi jalan2 pake baju kebesaran itu jeleeekk hahaha.. tapi begitu masuk bulan kedua biasanya cepet banget naik beratnya.
- jumper beli 3. jumper ini paling praktis buat pergi keluar. jangan beli yg tutup kaki ntar ga lama kepakenya. beli yg buka kaki.

Perlengkapan Mandi

-Bak Mandi
-Perlak mandi untuk alas ganti pakaian
-Alas karet anti slip (jika menggunakan kursi mandi, alas ini bisa dibeli setelah bayi bisa duduk sendiri di dalam bak
-2 buah handuk bayi besar
-3-4 buah washlap/sarung tangan handuk (mandiin bayi saya ga pernah pake waslap. kayaknya ini sih optional aja.)
-Sabun mandi
-Shampoo (bisa dibeli yang 2 in 1 dengan sabun)
-Baby lotion/baby cream
-Baby oil
-Baby cologne
-Diapers cream
-Bedak + tempatnya (bedak udah ga disarankan)
-Minyak telon
-Lotion anti nyamuk (lebih baik pakai stiker anti nyamuk yg ditempel di baju)
-Tissue basah
-Cotton buds
-Sisir + sikat bayi
-Gunting kuku bayi
-1 pack newborn diapers
-Kapas bulat (Kalau mau irit, beli kapas kiloan di apotik, lalu bulat-bulat simpat di toples)

Perlengkapan Tidur -1 box/crib/tempat tidur bayi
-1 kasur (sebaiknya baru)
-2 pasang bantal guling
-Sprei, bumper/pengaman, kelambu
-Bantal peang (ada lekukan di bagian kepala)
-Selimut bayi
-Kojong/tudung (optional)
-1 buah perlak besar
-1 buah perlak kecil
-Alat monitor bayi (optional)

hahaha tak coretin semua. karena paling enak bayi tidur bareng mamanya. bayi lebih merasa aman, minta nen tinggal kasih aja. nangis tinggal dipeluk tepok2. ga perlu bantal2an, paling bagus tidur tanpa bantal. kalau ga mau peyang jangan dibiasain tidur di satu sisi. dibalik2 posisinya.

Perlengkapan menyusui
-Botol ASIP
-Sterilizer
-Penjepit untuk mengambil botol
-Sabun + sikat cuci botol
-Box untuk menyimpan botol
-Milk powder container
-Bottle warmer (optional)
-cup feeder
- empeng (BIG NO! mau sukses asi sampe 2 thn? jangan beli empeng. anak pertama saya pake empeng lebih banyak negatifnya daripada positifnya)
- bantal menyusui perlu buat nyusuin biar ga pegel

Penglengkapan Tambahan
-Thermometer
-Sedotan ingus (nose cleaner)
-Kassa
-Alcohol 70%
-Betadine
-Tas bayi
-Baby bouncer 

Kebutuhan Travelling
-Stroller. menurut saya ini invest buat bayi. kepake sampe gede. biar ga cape gendong2. apalagi kalau mau jalan2 ini kepake banget
-Gendongan bayi. beli model jarik sama wrap. begitu 6 bulan sudah bisa duduk beli model carrier
-Car seat (optional). buat yg suka bawa mobil menurut saya perlu. tapi kalau disupirin biasanya anak2 lebih suka dipangku emaknya sih hehe
-Carry cot (optional)

Kebutuhan Ibu
- BH menyusui --- saya malah punya selusin bra sport mirip miniset yg bahan spandek. nyaman banget buat tidur dan jalan2 gampang nyusuinnya
-Breast pads. untuk sebulan pertama kepake banget, beli yg sekali buang aja. kalau yg bisa dicuci udah mahal kadang suka berjamur kalau ga cepet dicuci dan ga cepet kering.
-Gurita ibu
-Breast pump --- wajib punya! ini investasi penting demi kelangsungan ASI 2 tahun
- Apron buat dimana aja kapan aja bebas menyusui
- baju menyusui perlu banget.

lainnya masih banyak jenis yg belom kesebut disini dan berarti itu ga saya beli. hehee

untuk beli2 dulu saya suka beli offline sambil liat2. tapi ternyata peluang membeli yg ga diperluin juga lebih besar. hahaha. kalau beli offline bawa catetan ya. inget jangan keluar dari catetan. jangan kalap. tutup telinga sama rayuan mba2 SPG. tutup mata sama yg lucu2 dan kayaknya sih perlu. ssstt kadang online bisa jadi lebih murah loh harganya kalau beli lusinan..

selamat hunting yaaaaa... ini ga bisa jadi dasar sih, kalau dirasa perlu ya monggo dibeli.. hehee
tetap bahagia ya mommy.. next postingan tentang ASI dan ASIP dan perintilannya yaaa






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Template by Rumah Es