Sabtu, 30 Januari 2016

Melatih anak Toilet training

mau bagiin soal toilet training.. kebetulan kedua anak sya sih lulus toilet training di usia 1,5 thn. termasuk cepet ya.. Puji Tuhan banget, soal toilet training ini allen dan elora pinter banget. ga kayak soal makan. hahaha.. jdi yg saya bagiin sekarang tentang gimana melatih anak2 untuk bisa ke WC buat pup n pipis.

pertama : perlu waktu n disiplin. emaknya kudu rempong dikit ya buat awal2 ngajarin. demi ga beli pospak lagi, demi ga ngepel tiap 3 jam sekali, demi ga mencium bau2an tak sedap di setiap penjuru kamar. hehehe

ada yg mulai melatih anak2 toilet training sejak masih 6 bulan. wow bgt ya.. waktu itu juga elora anak saya yg pertama saya ajarin mulai 9 bulanan. tapi akhirnya sya belajar klo itu ga efektif. mereka belom ngerti.. allen saya ajarin baru mulai usia 1 thn. dalam beberapa bulan udah lulus. kenapa saya bikin acuan 1 thn. karena biasanya 1 thn itu anak udah mulai bisa komunikasi. udah mulai bisa respon balik. mengerti perintah sederhana. bisa diajarin lah bahasanya mah.

dimulai dari pas usia 1 thn, anak2 udah saya lepas pospak kalau siang. malem masih pake pas tidur. selama siang hari saya ajak ke wc untuk pipis setiap 2 jam. rempong? iya banget. kelupaan? sering! hahaha.. sampe akhirnya saya bikin alarm buat pipis. keluar ga keluar harus dibawa ke WC. sambil terus disounding pipis di kamar mandi yaaa.. pup juga di kamar mandi.. gimana kalau ibunya bekerja? dlu pas anak pertama sya juga masih kerja. ya tlp aja kerumah ingetin mbanya buat ajak anak ke WC. jadi per 2 jam sya tlp kerumah. pipis jangan lupa. gitu..

kalau ga keluar gimana? ya gpp,,, malah seringnya ga keluar..ga lama baru 39 menit kemudian currr.. ngompol deh.. hahaa... ya udah bersihin aja. :p
nanti lama2 bakal keliatan kok pola pipisnya. anak kecil yg pola makan n minum teratur biasanya pipisnya teratur juga. kalau anak saya ni saya perhatiin, selalu pipis 1 jam setelah makan. abis itu bakal pipis lagi 2 jam kemudian abis minum susu. begitu juga pola setelah makan siangnya. nah kalau malam biasanya pipis setelah makan malam dan jam 8 malam biasa pipis lagi. abis itu jam 9 juga pipis kalau dia masih ada minum lagi. sama klo sebelum tidur masih minum biasanya nanti jam 1 gelisah tidurnya. ini pasti gelisah mau pipis. jadi sya bangunin buat pipis meski rewel nangis2 minta tidur. tapi klo ga dipipisin suka gelisah n malah ga tidur nyenyak plus rewelan. mending rewel bentar dibangunin pipis. abis itu nyenyak tidur.

kalau polanya udah keliatan udah enak.. ga perlu lagi tiap 2 jam dipipisin.. pas kira2 jamnya pipis aja antar anak ke wc tetep sambil di sounding pipis di wc ya... gitu.. daaannn klo ibunya dirumah lebih baik kalau ibunya lagi mau pipis atau pup sambil lapor ke anak.. mama pipis dulu yaa.. mama pup dulu ya.. ni mama kalau pipis atau pup di wc loh.. ga ngompol.. gitu.. teladan lebih efektif jauh sih. mereka yg melihat akan belajar. anak2 liatin kita di wc gpp lah asal jangan vulgar keliatan ya.. cuma kasih liat siluetnya aja.

nah trus kalau ngompol, biasanya saya tegur anak2.. saya suruh mereka berdiri di sebelah ompolnya. saya bilang "liat itu ompol kamu. bau ga?" anak2 biasanya udah ngerti bau2an kan. tunggu mereka liat n meresapi (halah) dan ngerti kalau itu bau. lanjut "kalau bau gini ga enak ya.. enak di wc pipisnya. bisa disiram. ga bau. ni lantai kasur jadi kotor deh. suka ga kotor2?" biar anak ngerti itu bau. kotor. ga enak. abis itu saya kasih lap. biar mereka yg lap sendiri (hahaha.. jahat ya) ga sih saya cuma ngajarin arti tanggung jawab. anak2 saya jijikan juga sama pipisnya sendiri. apalagi pupnya. saya ajarin mereka cara bersihinnya. pipis aja. soalnya kalau pup biasanya kecium dikit baunya udah langsung saya gotong lari2 ke wc. jadi cm keluar di celana. ga sampe bleber ke lantai.  sambil dikasih tau pup disini yaaa.. celananya jadi bau tu liat deh.. bau ga.. sambil saya sodorin celana kena pupnya ke arah idungnya. biasanya mereka langsung ngernyit sambil teriak. nah trus dikasih tau lagi.. ga enak ya baunya. mending di wc.. bersih.. bisa disiram.celana ga kotor.. gitu

abis itu biasanya anak sya agak ogah2 klo udah ketauan ngompol mukanya langsung merengut karena tau disuruh lap sendiri. tapi abis ngompol biasain tetep bawa ke wc ya meski ga keluar lagi pipisnya. bilang pipis tetep harus disini. sambil cebok kan..

lama2 mereka akan ngerti kalau pipis ngompol itu ga enak. di wc lebih enak. oh iya kalau anak2 pas dibawa ke wc keluar pipisnya jangan lupa kasih apresiasi ya.. puji mereka kalau mereka pintar sekali pipis di wc. atau wahh pup di wc keluar ya.. tuh enak ya kalau di wc, bersih, ga bau, ga jorok, ga harus bersihin lantai, celana juga bersih..

kalau malam, anak2 masih saya pakein pospak, sambil liat polanya tadi. tapi kalau pola malam udah oke, dalam arti pospaknya tetep kering pas pagi selama seminggu berturut turut yaudah lepas aja..

asal udah tau tanda2 anak mau pipis kalau malem. biasanya sih anak2 saya goler2 sambil rewel sesekali. nah itu berarti mau pipis. bangunin aja ajak ke wc. meski pake pospak. sebenernya kalau sebelum tidur diajak ke wc n ga minum2 2 jam sebelum tidur malam sih biasanya ga bakal pipis..

selamat melatih toilet training ya..
ditunggu cerita suksesnya..
cheers

3 komentar:

  1. Makasih tea sharingnya.. Ini aku lagi libur kuliah.. Mumpung libur mo latih TT.. Baru seminggu akunya nyerah dipakein pospak lagi..kurang teguh..hahaha..^_^

    BalasHapus
  2. Arkan masih ngompol tah? Bilangnya suka telat ya? Pas ngompol pas bilang? Iya harus konsisten klo ngajarin. Anak2 mah gampang lupa n teralihkan apalagi klo keasikan main

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho oh te..masih ngompol.. Udah pipis baru bilang..hahaha..
      Kalo ditanya 'Kalo pipis dimana?' Dia udah tau jawbannya 'di wc' tapi ya gitu..ngompol deui.ngompol deui :)

      Hapus

Template by Rumah Es